Tinjauan Menjadi Guru dan Orangtua di Era Milennial

Tinjauan menjadi guru dan orangtua di era millenial – Perkembangan teknologi dan informsi telah banyak membawa perubahan pada sistem dan proses pendidikan anak, baik di lembaga sekolah maupun lingkungan keluarga. Hal ini dibuktikan dengan perubahan kurikulum pendidikan yang notabene salah satunya disesuaikan dengan perkembangan anak didik dan kemajuan teknologi.

Guru dan orangtua anak duduk bersama dalam rangka kembangkan potensi dan kecerdasan anak (doc.matrapendidikan.com)

Konsekuensinya, terutama bagi guru adalah menggunakan strategi dan menerapkan metode serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik di era millenial kekinian. Simak juga:

Seperti Apa Kompetensi Guru diEraMillenial?

Pentingnya Dukungan Terhadap Gurudalam Menjalankan Tugas di Era Millenial

Pandangan masyarakat terhadap anak sangat jenius dimana setiap anak pasti memiliki potensi dan kecerdasan. Peran guru adalah mengembangkan potensi dan kecerdasan anak tersebut melalui proses pendidikan di sekolah.

Jika potensi dan kecerdasan anak tidak mengalami perkembangan maka yang sering dituding adalah para pendidik di sekolah. Namun perlu digarisbawahi bahwa pendidikan anak tidak luput dari peranan orangtua di rumah.
Pendidikan anak sesungguhnya dimulai dari lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga dikatakan sebagai basis utama dalam pengembangan potensi dan kecerdasan anak, termasuk karakter anak.

Jika orangtua di rumah tidak mengembangkan potensi dan kecerdasan anak dirumah sejak dini maka jangan harap guru di sekolah akan dapat memaksimalkan kecerdasan dan potensi anak.

Memang, guru di sekolah sudah kenyang dengan berbagai tuntutan dan keharusan. Dalam rangka mengembangkan potensi dan kecerdasan anak, guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak millenial

Konsep ini berangkat dari asumsi dimana pembelajaran yang menyenangkan akan menumbuhkan kesadaran dan kemauan anak untuk belajar sehingga pembelajaran tidak menjadi pemaksaan di mata anak.

Untuk melengkapi bacaan ini, ada beberapa artikel ringan yang berkaitan dengan pembahasan menjadi guru  bahkan orangtua di era millenial. Simak saja:


6 Aktivitas yang Dapat merangsang Kecerdasan Anak

Konsep Pendidikan Anak di Lingkungan keluarga

Strategi dan Cara Ciptakan Pembelajaran yang Kondusif

Dan lain-lain.

Demikianlah sekilas tinjauan menjadi guru dan orangtua di zaman millenial.

1 Response to "Tinjauan Menjadi Guru dan Orangtua di Era Milennial"