Istilah-istilah dalam Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Istilah-istilah dalam pewarisan sifat makhluk hidup – Dalam genetika terdapat banyak istilah asing namun perlu dihafal dan diingat oleh siswa agar dapat memahami materi berkaitan dengan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

istilah,pewarisan sifat,persilangan
Ilustrasi istilah penting dalam materi pelajaran pewarisan sifat (matrapendidikan.com)

Materi pelajaran pewarisan sifat makhluk hidup berkaitan dengan gen, kromosom serta hereditas. Hereditas menyangkut persilangan monohibrid dan dihibrid yang dilakukan oleh Mendel.

Istilah-istilah yang lazim dalam pewarisan sifat makhluk hidup antara lain:

1.Gen
Gen adalah pengendali ciri genetis makhluk hidup yang bersifat menurun.dari induk kepada anakan. Gen merupakan bagian dari kromosom. Gen resesif adalah sifat yang tidak selalu nampak namun akan nampak bersama resesif lainnya.

2.Kromosom
Kromosom terdiri dari benang halus yang berfungsisebagai pembawa informasi genetis kepada keturunan. Kromosom homolog adalah kromosom yang berpasangan dengan bentuk, panjang, letak sentrometer dan struktur yang sama/hampir sama.

Kromosom diploid adalah kromosom berpasangan dan haploid adalah kromosom yang tidak berpasangan.

3.Genotipe dan fenotipe
Genotip adalah sifat menurun yang tersembunyi dan tidak nampak dari luar. Sedangkan fenotipe adalah sifat menurun yang nampak dari luar.

4.Homozigot dan heterozigot
Homozigot adalah zigot yang mempunyai pasangan gen yang sifatnya sama. Homozigot resesif adalah pasangan gen yang sama dan muncul pada keturunan.
Heterozigot adalah  pasangan gen yang sifatnya tidak sama. Heterozigot resesif adalah pasangan gen yang tidak sama dan muncul pada keturunannya.

5.Dominan, resesif dan intermediet
Dominan adalah sifat yang muncul pada keturunan sedangkan resesif adalah sifat yang tidak muncul pada keturunannya. Intermediet adalah sifat gen yang tidak dominan dan tidak resesif.

6.Monohibrid dan dihibrid
Monohibrid adalah persilangan antara individu sejenis dengan memperhatikan satu sifat beda. Sedangkan dihibrid adalah persilangan antara individu dengan memperhatikan dua sifat beda.

7.Parental dan Filial
Parental (P) induk atau orangtua sedangkan filial (F) anakan/keturunan
8.Galur murni adalah tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya.

Demikianlah beberapa istilah yang sering digunakan dalam materi pelajaran pewarisan sifat di kelas 9 SMP/MTs.

0 Response to "Istilah-istilah dalam Pewarisan Sifat Makhluk Hidup"

Posting Komentar