Mengenal Sekilas Jambore dan Pramuka Penggalang

Mengenal sekilas jambore dan pramuka penggalang – Anda mungkin sering mendengar kata-kata berkaitan dengan pramuka, seperti: Jambore Dunia (World Scout Jamboree), Jambore Nasional (Jamnas), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Cabang (Jamcab) dan Jambore Ranting (Jamran).

pramuka penggalang,smp/mts,jambore
Anggota pramuka penggalang (doc.matrapendidiakn.com)

Di Bumi Perkemahan (Buper) Kwaran 04.10 Lintau Buo telah diselenggarakan Jambore Ranting Pramuka Penggalang SMP/MTs dan SD Tahun 2019. Nah, apa itu jambore pramuka? Dan, apa pula itu pramuka penggalang?
Bagi anda yang memerlukan informasi tentang istilah-istilah tersebut mungkin perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Oke, kita mulai dari istilah jambore.

Menurut wikipedia, jambore adalah pertemuan anggota pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. Tingkatan jambore dimulai dari tingkat ranting, cabang, daerah, nasional dan jambore dunia.

Selanjutnya pramuka penggalang. Pramuka penggalang adalah tingkatan kepramukaan setelah Siaga, yang berusia antara 11 sampai 15 tahun. Pramuka penggalang juga mempunyai tingkatan sesuai pencapaian syarat-syarat kecakapan umum (SKU).

Tingkatan dalam pramuka penggalang adalah Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan Penggalang Garuda. Tingkatan dalam penggalang ini juga memiliki Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk memperoleh kenaikan tingkat atau Tanda Kecakapan Khusus (TKK).

Nah, jika anda melihat ada 1 tanda kecakapan khusus pada lengan kostum anggota pramuka berarti  anggota pramuka tersebut Penggalang Ramu, 2 tanda kecakapan khusus Penggalang Rakit dan tiga tanda kecakapan khusus adalah Penggalang Garuda.

Setiap anggorta pramuka penggalang dikelompokkan dalam satuan kecil yang disebut Regu. Setiap regu terdiri dari 5 sampai 10 orang anggota penggalang dan dipimpin oleh Pimpinan Regu (Pinru) dan dibantu oleh seorang wakil yang disebut Wapinru.

Regu dalam pramuka penggalang mempunyai nama-nama sebagai identitas. Untuk penggalang putra biasanya memakai nama hewan sedangkan untuk putri menggunakan nama tumbuhan bunga.

Itulah uraian singkat tentang jamboree dan pramuka penggalang. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Sekilas Jambore dan Pramuka Penggalang"

Posting Komentar