Mewujudkan Ketahanan Sekolah Melalui Penegakan Disiplin

Mewujudkan ketahanan sekolah melalui penegakan disiplin – Salah satu tujuan pembinaan kesiswaan di lembaga sekolah sesuai Permendikbud Nomor 39 Tahun 2008 adalah menciptakan ketahanan sekolah. Untuk menciptakan ketahanan sekolah diperlukan adanya upaya pembinaan dalam penegakan disiplin.

inspektur upacara,amanat pembina,edy samsul
Inspektur upacara bendera  pembina Osis (matrapendidikan.com)

Demikian disampaikan Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo, Edy Samsul dalam amanatnya saat menjadi inspektur upaca bendera rutin di halaman sekolah setempat, Senin (16/9).
Baca juga : Pembinaan Kesiswaan di Sekolah, Tujuan dan Lingkup Materi
“Guru dan tenaga kependidikan tidak akan pernah bosan, akan selalu membina siswa untuk menegakkan disiplin siswa di sekolah. Apabila ada siswa melanggar disiplin tersebut tentu ada sanksinya dari taraf ringan, menengah dan sanksi berat,” tutur Pembina Osis menegaskan.

Lebih jauh Edy Samsul memaparkan perihal disiplin sekolah yang masih perlu ditingkatkan adalah disipilin waktu, berpakaian, berpenampilan, beretika serta aturan dalam mengendarai sepeda motor.

suasana upacara,khidmad,pagi sejuk
Suasana upacara bendera di pagi nan sejuk (matrapendidikan.com)

Namun Pembina Osis juga memberikan semangat karena disiplin di sekolah sudah mulai menggembirakan.

“Secara umum disiplin sekolah sudah mulai bagus akhir-akhir ini dan perlu dipertahankan, kalau perlu lebih ditingkatkan.” kata pembina Osis tersebut menyorot sisi hasil positif yang dicapai sekolah terutama sejak tahun pelajaran 2019/2020 ini.


peserta upacara,pendidik,tenaga kependidikan
Pendidik dan tenaga kependidikan peserta upacara (matrapendidikan.com)

Penegakan disiplin sekolah pada hakikatnya melatih siswa hidup teratur dan mematuhi aturan yang ada di lingkungan sehari-hari. Kebiasaan mematuhi aturan dan disiplin di sekolah, seperti pameo pembina Osis ketika hendak menutup amanatnya, Ketek taraja-raja, gadang tabao-bao, lah tuo tarubah tido, ka mati jadi parangai.
Upacara bendera di lapangan sekolah tersebut juga dihadiri oleh kepala sekolah,wakil kepala sekolah, pelaksana bidang, kepala tenaga kependidikan, tenaga kependidikan dan mahasiswa PL.

0 Response to "Mewujudkan Ketahanan Sekolah Melalui Penegakan Disiplin"

Posting Komentar