Keuntungan dan Kerugian Perbanyakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Keuntungan dan kerugian perbanyakan tumbuhan secara vegetatif – Perbanyakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan ternyata memiliki keuntungan sekaligus juga terdapat kekurangannya. Namun kecenderungan orang lebih tertarik dengan perbanyakan secara vegetatif ini.Kenapa?

keuntungan,kerugian,perbanyakan vegetatif
Ilustrasi untung rugi perbanyakan vegetatif (matrapendidikan.com)

Ada beberapa keuntungan jika tanaman diperbanyak secara vegetatif:

1.Sifat tanaman sama dengan induknya
Perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif memungkinkan orang untuk memiliki tanaman dengan sifat dan karakter yang dikehendaki, yaitu sama dengan induknya. Namun perbanyakan secara generatif berasal dari biji sulit diperoleh.

Pada perbanyakan generatif terjadi penyatuab\n sifat yang dimiliki oleh induk jantan maupun betina. Penyatuan terjadi pada saat pembuahan dimana inti sel telur bersatu  dengan inti spermatozoa. Hal ini akan menghasilkan tanaman baru dengan siifat yang berbeda satu sama lainnya.

2.Cepat menghasilkan buah
Tanaman hasil perbanyakan vegetatif, misalnya mencangkok akan cepat menghasilkan buah. Berbeda jika tanaman diperbanyak dengan biji, akan membutuhkan proses dan waktu lama untuk menunggu tanaman ini berbuah.

3.Perbanyakan dilakukan kapan saja
Untuk memperbanyak tanaman yang diinginkan dapat dilakukan lebih cepat dan tidak perlu menunggu tumbuhan induk berbuah. Artinya dapat dilakukan lebih cepat dan dilakukan kapan saja.

Di balik keuntungan tersebut, perbanyakan tanaman secara vetatif juga memiliki kekurangan atau kerugian. Apa saja kerugiannya?

1.Mudah tumbang
Tanaman dari hasil perbanyakan vegetatif umumnya memiliki akar yang tidak kuat karena kurang panjang dan kurang dalam tertanam ke tanah sehingga mudah tumbang jika ditiup angin kencang.

2.Sedikit keturunan baru
Perbanyakan vegetatif hanya menghasilkan tanaman baru yang terbatas. Tergantung berapa sanggup orang memperbanyaknya. Namun perbanyakan generatif mampu menghasilkan banyak individu baru.

3.Induk tanaman menjadi terganggu
Perbanyakan vegetatif seperti setek dan cangkok yang terlalu sering pada ranting tanaman induk akan menyebabkan pertumbuhan tanaman induk terganggu sehingga produksinya menurun dan mati.
Lihat juga : 5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan
Demikian keuntungan maupun kerugian dari perbanyakan tumbuhan secara vegetatif.

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Perbanyakan Tumbuhan Secara Vegetatif"

Posting Komentar