Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah – Ada 3 bentuk kegiatan belajar siswa di sekolah. Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler termasuk kegiatan belajar pokok dan harus harus diikuti oleh setiap siswa.

pengibar bendera,kegiatan ekstrakurikuler,sekolah
Pasukan pengibar bendera salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah (doc.matrapendidikan.com)

Tidak demikian halnya dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini tidak harus diikuti oleh semua siswa. Artinya, siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hanyalah yang memiliki minat dan bakat terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah.
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki jadwal terpisah dari pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Dilaksanakan di luar jam pelajaran tatap muka, seperti sore hari atau pada hari libur namun tetap diadakan di lingkungan sekolah.

Banyak jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diselenggarakan di sekolah. Misalnya kepramukaan, UKS, PMR, PBB, Pasukan Pengibar bendera, kegiatan keagamaan, olahraga berprestasi dan lain sebagainya.

Biasanya jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah tergantung pada bakat dan minat siswa pada umumnya, fasilitas dan sarana yang tersedia, kesediaan pembina kegiatan dan anggaran kegiatan untuk ekstrakurikuler.

Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler sangat menentukan motivasi siswa. Kegiatan ekstrakurikuler diselenggarakan dalam bentuk dan suasana yang menarik serta menyenangkan. Ini disebut motivasi ekstrinsik.

Motivasi ekstrinsik lainnya adalah sarana dan fasilitas yang mendukung. Kemudian penghargaan verbal maupun non verbal seperti hadiah, pujian dan umpan balik nilai dari guru pembina.
Keinginan siswa untuk sehat, banyak teman dan dikenal, menyenangkan hati orangtua dan ingin berprestasi di bidang ekstrakurikuler adalah contoh motivasi intrinsik siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Dengan memahami motivasi siswa, pihak sekolah dan pembina kegiatan dapat memilih jenis kegiatan ekstrakurikuler yang akan diadakan di sekolah.

2 Responses to "Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah"

  1. Kalau Kepramukaan sepertiny wajib diikuti semua siswa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya begitu mas karena sudah ada kurikulum dan materi ajarnya...

      Hapus