Pawai Kembali Digelar, Nyala Obor Hiasi Langit Nagari Taluk

Pawai kembali digelar, nyala obor hiasi langit nagari taluk – Arak-arakan obor atau Pawai Obor kembali digelar di Nagari Taluk, Kecamatan Lintau Buo, Kab.Tanah Datar. Meskipun agak terlambat pelaksanaannya namun semangat masyarakat tetap menyala untuk memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441H. Tak kurang dari seribuan obor (pusuang) menyala menghiasi langit malam, Sabtu malam (14/9).

pawai obor,tpa/tpsa,nagari taluk
Pawai seribu obor di Nagari Taluk (Hadi R/matrapendidikan.com)

Admin matrapendidikan.com mengemas info Pawai Seribu Obor tersebut untuk pengunjung budiman berdasarkan pantauan langsung di lokasi dan informasi yang diperoleh dari kontributor situs Matra Pendidikan, Hadi Rahim, Refrimadhona, S.Pd. dan Jumar Eti, S.Pd.

Bermuara di satu titik

Berdasar pengamatan admin matrapendidikan.com yang ikut mengiringi rombongan pawai obor, pelaksanaan pawai obor ibarat anak sungai kecil di daratan yang mengalir  dan akhirnya berkumpul di suatu titik di muara. Bagaimana tidak?

Peserta pawai yang terdiri dari anak-anak TPA/TPSA dan remaja masjid terbagi dalam 3 arah atau jurusan. Rombongan pawai dari jurusan Setangkai, mengarak obor di jalan raya Setangkai-Balai Tengah menuju Simpang Kulit Manis.

pawai pusuang,1muharram,1441h
Salah satu rombongan pawai obor di Talago Bujur Taluk (Hadi R/matrapendidikan.com)

Sampai di Tugu Simpang Kulit Manis belok kanan, melewati objek wisata Talago Anguih dan terus menuju finish di depan Kantor Wali Nagari Taluk.

Sementara itu peserta pawai dari arah Simpang Bundung, mengarak obor melewati jalan Tanjung Ampalu-Setangkai. Sesampai di Simpang Taruko, belok kanan dan mendaki sehingga sampai di Koto dan pawai juga juga berakhir di Halaman Kantor Wali Nagari Taluk.

Satu rombongan peserta pawai lainnya berasal dari Talago Bujur, melewati Olga Smart, belok kanan dan melewati depan Surau Boncah. Kemudian belok ke kiri untuk menuju garis finish di lapangan depan Kantor Wali Nagari Taluk.

finish pawai,wali nagari,kantor taluk
Ketika rombongan pawai sampai di lokasi finish di halaman Kantor Wali nagari Taluk (Dona/matrapendidikan.com)

Setelah sampai di lokasi finish, peserta pawai harus mematikan nyala obornya  dan duduk menghadap ke pentas utama untuk bersiap mendengar Tausiah Tahun Baru Islam.

Pawai Seribu Obor ini diikuti lebih kurang 26 TPA dan 3 kelompok Remaja Masjid yaitu Masjid Nurul Huda, Masjid Raya Taluk dan Masjid Nurul Falah.

Tausiah 1 Muharram

Di pentas utama di halaman Kantor Wali Nagari Taluk, Kepala KUA Kecamatan Lintau Buo, Zuldi, S.Ag menyampaikan tausiah singkat dengan mengutip QS Surat Ibrahim Ayat:7

“Allah SWT akan menambah nikmat bagi hamba yang bersyukur dan akan mengazab orang yang kufur terhadap nikmat pemberian Allah.” kata Zuldi S.Ag. memulai tausiahnya.

Sebelumnya Ketua BKS Nagari Taluak Ustadz Pen Hendri dan Wali Nagari Taluak Pendi Aswil telah memberikan sambutan. Ustadz Pen Hendri lebih banyak memberikan motivasi kepada peserta pawai obor dari TPA dan Remaja Masjid yang telah berpartisipasi menyemarakkan Tahun Baru Islam 1441H.

Pendi Aswil menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap masyarakat, khususnya generasi muda di Nagari Taluk yang telah menyemarakkan Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor dan telah dicontoh oleh nagari lain.

Kegiatan di pentas utama malam Pawai Seribu Obor ini dibantu oleh Putri Andriani dan dihadiri oleh unsur Forkopimca Lintau Buo, perangkat nagari, kepala jorong, tokoh masyarakat, pemuda dan agama serta ninik mamak di Nagari Taluk.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan kebolehan grup Qasidah Rebana yang dibimbing oleh Ustadz Drs.H.Alius dan penampilan peserta pawai dari berbagai TPA dan remaja masjid.

0 Response to "Pawai Kembali Digelar, Nyala Obor Hiasi Langit Nagari Taluk "

Posting Komentar