Pendahuluan Materi Pelajaran Reproduksi pada Tumbuhan

Pendahuluan materi pelajaran reproduksi pada tumbuhan – Materi IPA kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K.13) setelah Sistem Reproduksi pada Manusia adalah Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan. Dalam pembahasannya akan dibagi menjadi 2 yaitu reproduksi pada tumbuhan dan reproduksi pada hewan.

pendahuluan materi,reproduksi tumbuhan,vegetatif
ILustrasi Pendahuluan materi Reproduksi pada Tumbuhan  (matrapendidikan.com)

Tulisan ini hanya menjadi pendahulu atau pengantar materi pelajaran reproduksi pada tumbuhan. Materi reproduksi pada tumbuhan membahas bermacam-macam cara dan contoh reproduksi pada tumbuhan Angiospermae (biji tertutup), Gymnospermai (biji terbuka), Pterido phyta (tumbuhan paku) dan Bryophyta (lumut).

Tumbuhan Angiospermae adalah tumbuhan yang memiliki ciri bakal biji berada dalam bakal buah. Bakal buah merupakan bagian putik yang membesar yang tersusun oleh daun buah (karpel). 

Bakal buah berkembang menjadi buah dan bakal biji akan berkembang menjadi biji. Tumbuhan Angiospermae mengalami reproduksi vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual).

Reproduksi secara vegetatif

Tumbuhan dapat berkembangbiak dengan cara menggunakan bagian tumbuhan itu sendiri seperti akar, batang, dan daun. Artinya dapat menghasilkan individu baru tanpa melalui proses fertilisasi (pembuahan). Individu baru yang dihasilkan melalui cara ini memiliki sifat atau karakter yang sama dengan dengan induknya.

Reproduksi tumbuhan dengan menggunakan bagian tumbuhan ini disebut reproduksi secara vegetatif (aseksual). Bagian pada tumbuhan seperti akar, daun dan batang dapat digunakan untuk berkembangbiak karena memiliki sel meristem

Sel meristem merupakan sel pada tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel, penyusun jaringan dan organ.

Reproduksi secara vegetatif terbagi dua, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Cara dan contoh tumbuhan pada tumbuhan biji terbuka yang berkembangbiak secara vegetatif alami dapat dibaca  8 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Selanjutnya akan dibahas  pada tulisan berikutnya Cara dan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan.
 

0 Response to "Pendahuluan Materi Pelajaran Reproduksi pada Tumbuhan"

Posting Komentar