Pengelolaan Kelas, Kunci Sukses Mengajar

Pengelolaan kelas, kunci sukses guru dalam mengajar – Apa kunci utama kesuksesan guru dalam mengajar di ruang kelas? Jawabannya mungkin akan berbeda-beda, tergantung pengalaman masing-masing guru. Bahkan yang bukan guru sekali pun dapat memberikan jawabannya.

pengelolaan kelas,sukses mengajar,mengelola kelas
Ilustrasi mengajar (doc.matrapendidikan.com)

Menurut hemat penulis, kunci utama sukses guru mengajar di ruang kelas adalah pengelolaan kelas. Dengan asumsi, jika guru dapat mengendalikan dan mengelola kelas dengan baik maka pembelajaran akan berlangsung efektif dan efisien.

Jika dibandingkan dengan satu atau dua dekade ke belakang, mengajar murid saat ini jauh lebih tidak mudah. Artinya, guru sering mengalami hambatan di ruang kelas lantaran dinamika sikap dan perilaku siswa semakin meningkat dan sulit terkendali seiring dengan kuatnya pengaruh teknologi dan informasi serta produknya.
Sebagai deskripsi belaka, betapa bagusnya persiapan mengajar tertulis yang sudah dibuat guru namun menjadi berantakan karena mengajar  di kelas dengan kondisi kelas tidak kondusif. Semua persiapan, psikis dan tertulis menjadi buyar karena kesulitan dalam mengelola kelas.

Oleh sebab itu wajarlah kalau masalah pengelolaan kelas menjadi vital dan penentu kesuksesan guru mengajar di ruang kelas.

Antisipasi dan tindakan mendadak

Mengelola kelas berarti menciptakan suasana belajar dan mengajar kondusif di ruang kelas. Strategi dan teknik, bahkan gaya mengajar yang diterapkan guru ikut memengaruhi suasana kelas yang kondusif.
Dengan kata lain, strategi, teknik dan gaya mengajar dapat mencegah timbulnya perilaku menyimpang siswa dalam pembelajaran.

Dalam mengelola kelas saat pembelajaran berlangsung, kadang-kadang diperlukan upaya antisipasi dan tindakan mendadak.

Hal ini memang tidak tertuang dalam Rencana Pembelajaran (RP) namun harus dilakukan guru manakala terjadi perilaku menyimpang oleh siswa yang dianggap nakal atau penggangu.

Antisipasi dan tindakan mendadak dari guru hendaknya tidak menyita banyak waktu pembelajaran sehingga waktu demi waktu pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana tertulis yang dibuat guru. Inilah yang disebut dengan antisipasi dan tindakan mendadak yang efektif.
Sudah cukup banyak teori pengelolaan kelas yang kita baca namun perlu diterapkan secara berangsur-angsur. Mengapa demikian? Mengajar termasuk keterampilan dan itu memerlukan pembiasaan, latihan dan eksperimen secara kontinyu. Boleh jadi suatu saat kita akan menemukan sendiri sense of managing in the class. Semoga.

0 Response to "Pengelolaan Kelas, Kunci Sukses Mengajar"

Posting Komentar