5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

5 Cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan – Pada tulisan sebelumnya sudah disajikan pendahuluan materi perkembangbikan pada tumbuhan yang meliputi perkembangbiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan. Kali ini dibahas bagian kedua tentang cara perkembangbiakn vegetatif buatan pada tumbuhan.

vegetatif buatan,mencangkok,tanaman angiospermae
Ilustrasi mencangkok tanaman (matrapendidiakn.com)

Vegetatif buatan adalah cara reproduksi pada tumbuhan dengan bantuan manusia. Sering juga disebut dengan perbanyakan vegetatif. Bertujuan untuk memperoleh individu baru yang sifatnya sama dengan induk dan cepat berbuah.

Ada 3 cara perbanyakan vegetatif, yaitu setek, menyambung, menempel, merunduk dan mencangkok.

1.Setek

Setek yaitu memotong bagian tubuh tumbuhan (batang atau daun) untuk ditanam. Setek terbagi setek batang dan setek daun. Setek batang artinya memotong batang tumbuhan menjadi potongan pendek dan memiliki beberapa mata tunas. Contoh setek batang: tebu, sirih, lada, ketela rambat dan ketela pohon.

Setek daun adalah memotong bagian daun tumbuhan dan memiliki tunas dan akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh tanaman hias begonia  sp.

2.Menyambung

Menyambung adalah cara perbanyakan vegetatif dengan menggabungkan batang dengan ranting pada tanaman sejenis untuk memperoleh tanaman baru yang lebih bagus. Oleh sebab itu perlu diketahui kualitas jenis tanaman yang akan disambung.

3.Menempel (okulasi)

Menggabungkan bagian tubuh tanaman yang berbeda untuk menghasilkan tanaman baru yang lebih baik. Prinsip menempel sama dengan menyambung. Yang berbeda adalah caranya. Menyambung menggabungkan batang dengan ranting pada tanaman sejenis. Sedangkan menempel  dengan cara menggabungkanbatang dengan kulit yang memiliki mata tunas.

4.Merunduk

Merunduk adalah perbanyakan tanaman dengan merunduk pada tanaman mempunyai ranting panjang dan mudah dibengkokkan. Contoh: apel, bunga kertas dan alamanda.

5.Mencangkok

Mencangkok adalah perbanyakan tanaman dengan cara menumbuhkan akar baru pada dahan atau ranting tanaman dan kemudian dipotong dan dipindahkan untuk ditanam. Tanaman yang lazim dicangkok adalah: jeruk, mangga, sawo rambutan,, jambu dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang 5 cara perbanyak tanaman berbiji tertutup.

0 Response to "5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan"

Posting Komentar