Proses Belajar Berdemokrasi, Pilketos/Waketos di Sekolah Telah Dimulai

Proses belajar berdemokrasi, pilketos/waketos di sekolah telah dimulai – Genderang Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis (Pilketos/Waketos) Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai proses belajar berdemokrasi di sekolah telah dimulai. Enam bakal calon Ketos/Waketos telah terpilih dan ditetapkan oleh Majelis Perwakilan kelas (MPK) dalam suatu rapat terbuka yang bertempat di ruang Laboratorium IPA SMPN 2 Lntau Buo, Senin sore (16/9).

pilketos/waketos,demokrasi,sekoalh
Perhitungan suara saat penjaringan Balon Ketos/Waketos di sekolah (matrapendidikan.com)

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan siswa dari seluruh kelas dan pengurus Osis Tahun 2018/2019 itu juga berhasil memilih Oca Andesti dan Rindu Ananda Mayora, masing-masing sebagai Ketua dan Sekretaris MPK SMPN 2 Lintau Buo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Hadir dalam langkah awal proses belajar berdemopkrasi bagi siswa ini antara lain Waka Kesiswaan Arlis Anwar, S.Pd, Waka Kurikulum Ropi’u,S.Pd, Pembina Osis Edy Samsul dan pembina kegiatan ekstrakurikulr serta mahasiswa yang melaksanakan tugas PL di sekolah ini.

Kepala sekolah yang diwakili oleh Waka Kesiswaan, Arlis Anwar,S.Pd.dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada siswa yang tergabung dalam MPK dan akan bermusyawarah untuk memulai langkah awal dalam ajang Pilketos/Waketos Tahun Pelajaran 2019/2020.

“Melalui proses belajar berdemokrasi ini diharapkan dapat memilih pemimpin Osis yang mampu bekerja sama dan sama-sama bekerja memajukan SMPN 2 Lintau Buo,” tutur Waka Kesiswaan.

mpk,perwakilan kelas,balon ketos/waketos
Anggota perwakilan kelas serius mengikuti proses penghitungan suara penjaringan Balon Ketos/Waketos (matrapendidikan.com)

Sementara itu Pembina Osis Edy Samsul menyampaikan tahap-tahap yang akan dilalui dalam Pilketos/Waketos Tahun Pelajaran 2019/2020.

“Proses Pilketos tahun pelajaran ini meningkat dari sebelumnya. Jika tahap sebelumnya hanya 4 tahap maka tahun ini menjadi 5 tahap, yaitu penjaringan bakal calon (Balon), penentuan pasangan calon (Paslon), kampanye Paslon, penyampaian visi dan misi Paslon serta tahap pemilihan umum.” papar Pembina Osis.

Selain peningkatan terhadap tahap/proses pemilihan, juga terjadi perubahan sistem pemilihan dimana akan dipilih 3 pasang calon Ketos/Waketos yang berasal dari 6 balon yang terpilih. Sedangkan penentuan pasangan Calon (Paslon) Ketos//Waketos akan ditentukan seminggu kemudian.

Pemilihan Balon ketos/waketos berlangsung alot

Pemilihan Balon Ketos/Waketos dalam rapat MPK berlangsung alot. Proses pemilihan Balon dimulai dengan pengajuan Balon oleh anggota MPK. Berhasil dijaring 10 Balon Ketos/Waketos.

Untuk memilih 6 orang Balon dari 10 Balon yang terjaring, diadakan pemungutan suara dimana masing-masing anggota MPK meberikan suara untuk dua orang Balon. Setelah melalui penghitungan suara maka diperoleh 6 balon yang bakal maju dalam proses selanjutnya.

Keenam balon tersebut berturut-turut adalah Amanda Putri Nurahma (18 Suara), Agus Satrio (17), Revo Primanda (11)Rega Pratama (10), Niky Mailani (9) dan Mukhlis (8). 

Proses selanjutnya, keenam Balon tersebut akan menentukan pasangannya sehingga menjadi 3 Paslon untuk memperebutkan kursi Ketos/Waktos Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMPN 2 Lintau Buo..

0 Response to "Proses Belajar Berdemokrasi, Pilketos/Waketos di Sekolah Telah Dimulai"

Posting Komentar