Anemia dan Gizi Seimbang di Kalangan Remaja Putri

Anemia dan gizi seimbang di kalangan remaja putri -  Penyuluh kesehatan Puskesmas Lintau Buo II Tigo Jangko Tanah Datar, kiranya memandang sangat perlu dan serius untuk mewaspadai timbulnya penyakit anemia di kalangan remaja putri usia sekolah.

remaja putri, TTD, penyuluhan,anemia,gizi seimbang
Kaum remaja putri menerima penyuluhan tentang anemia dan gizi seimbang (doc.matrapendidikan.com)

Hal ini terbukti dengan program yang telah dijalankan pihak puskesmas, seperti pemberian asupan nutrisi berupa tablet tambah darah (TTD) sekali seminggu. Dan program terkini adalah pemberian penyuluhan tentang anemia dan gizi seimbang oleh penyuluh Des Nora Santi, A.Md.Gz. dan Metaria Ulfa, A.Md.Farm., Jumat (11/10). 
Pertanyaannya adalah, mengapa remaja putri saja yang menjadi fokus perhatian pemberian TTD dan penyuluhan oleh petugas Puskesmas?

Kita jadi maklum, berdasarkan penjelasan petugas penyuluh kesehatan dari pihak Puskesmas Lintau Buo II, kaum remaja putri lebih berpeluang untuk mengalami anemia ketimbang remaja putra.

Proses biologis dan anatomi tubuh kaum remaja putri, seperti menstruasi dan pertumbuhan organ tubuh pada masa pubertas lebih berpeluang untuk mengalami penyakit anemia.

Anemia merupakan penyakit dimana jumlah sel darah merah seseorang lebih rendah dari jumlah normal. Atau sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Kita tahu, hemoglobin adalah protein yang kaya zat besi dan memberi warna merah pada darah.

Fungsi terpenting dari hemoglobin adalah membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Ketika terjadi menstruasi, kaum remaja mengeluarkan banyak cairan darah sehingga mengalami kekurangan zat besi dalam darah. Selain itu sirkulasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Hal ini menjadi penyebab kaum remaja putri sering gagal fokus belajar, letih, lelah dan lesu.

Selain itu, pertumbuhan tubuh kaum remaja putri cukup banyak membutuhkan zat besi. Maka jelaslah bahwa pemberian tablet tambah darah (TTD) kiranya cukup beralasan untuk kaum remaja putri.

Yang lebih penting lagi adalah kaum remaja putri harus lebih mengutamakan mengkonsumsi  makanan dan minuman dengan gizi yang seimbang.  

0 Response to "Anemia dan Gizi Seimbang di Kalangan Remaja Putri"

Posting Komentar