Erizal Ramli Buka Lomba, Mila Keluar Sebagai Juara Menulis Artikel

Erizal ramli buka lomba, mila keluar sebagai juara menulis artikel – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Erizal Ramli,SH membuka secara resmi Lomba Menulis Artikel Tingkat SMP se-Kabupaten Tanah Datar yang diadakan di halaman kantor dinas tersebut, Kamis (24/10).

kadis pustaka,arsip,menulis artikel,buka lomba
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Erizal Ramli,SH saat membuka Lomba Menulis Artikel (matrapendidikan.com)

Sementara itu Kecamatan Batipuh Selatan keluar sebagai juara, atas nama Mila Tul’alni, siswi SMPN 3 Batipuh Selatan. Mila memperoleh nilai tertinggi 84 sehingga berhak menerima Piagam Penghargaan, Tropi dan Tabanas senilai Rp. 800 ribu.

Untuk menilai lomba menulis artikel tersebut panitia mendatangkan tim juri yang cukup handal, seperti Drs. Marjohan, M.Pd., Drs.Alfian Jamrah, M.S. dan Wrman Darwis, SE.

Mengembangkan minat dan budaya baca

Dalam sambutannya, Erizal Ramli,SH mengungkapkan bahwa lomba bercerita sebelumnya dan menulis artikel hari ini berkaitan erat dengan kegiatan membaca. Bercerita dan membaca pasti diawali dengan kegiatan membaca.

lomba menulis,peserta lomba,siswa smp
Peserta Lomba Menulis Artikel Tingkat SMP se-Kabupaten Tanah Datar (matrapendidikan.com)

“Minat dan budaya membaca di kalangan pelajar inilah yang hendak dikembangkan dalam lomba bercerita maupun menulis artikel. Membaca tidak hanya sekadar baca melainkan memahami apa yang dibaca sehinga dapat diceritakan kepada orang lain dan ditulis dalam bentuk artikel,” tutur Kepala Perpustakaan dan kearsipan Tanah Datar.

Dalam kesempatan itu kepala dinas juga menegaskan kalau minat dan budaya baca dapat ditumbuhkembangkan di kalangan pelajar. Tren masa kini penggunaan gadget semisal smartphone dapat dikurangi frekuenasinya. Tentu saja dampak negatifnya juga dapat diminimalkan.

Di akhir sambutannya Erizal Ramli,SH menyampaikan motto yang sangat berarti dan bermakna bagi pelajar peserta lomba menulis artikel. “Dengan membaca kita akan mengenal dunia, dengan menulis dunia akan mengenal kita.”

Juri yang sudah berpengalaman

Drs. Marjohan, M.Pd mewakili tim juri dalam penjelasan kriteria penilaian dalam lomba menulis artikel. Kriteria penilaian antara lain topik dan kesesuaiannya dengan artikel, struktur penulisan, inovasi dan gagasan yang disampaikan untuk pembaca.

ketua juri,tim juri,menulis artikel
Drs.Marjohan, M.Pd memberikan penjelasan kriteria penilaian lomba menulis artikel (matrapendidikan.com)

Uncle Jo, begitu sapaan akrabnya adalah seorang pendidik di SMAN 3 Batusangkar yang sudah memiliki segudang pengalaman menulis artikel di berbagai media serta menulis beberapa buku dan diedarkan ke tengah masyarakat.

Dalam lomba penulisan ilmiah, mantan Guru SMAN 1 Lintau ini juga sering menjuarai lomba ditingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional.

Sementara itu Drs. Alfian Jamrah, M.Si dan Wirman Darwis, SE adalah dua jurnalis media Sumbar yang sudah malang melintang dalam dunia jurnalistik dan tulis menulis artikel. Saat ini Drs. Alfian Jamrah, M.Si merupkan Kepala Baperlitbang Tanah Datar sedangkan Wirman Darwis SE adalah pengurus PWI Tanah Datar.

Mila Tul’alni keluar sebagai juara

Siswi SMPN 3 Batipuh Selatan, Mila Tul’alni menggondol tropi dan Tabanas serta piagam peghargaan setelah berhasil keluar sebagai Juara dalam Lomba Menulis Artikel Tingkat SMP se- Tanah Datar Tahun 2019.

juara I,lomba menulis,menulis artikel
Mila Tul'alni keluar sebagai Juara dalam Lomba Menulis Artikel dan Hadiahnya diserahkan oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Erizal Ramli (matrapendidikan.com)
Mila Tul’alni berhak mewakili Tanah Datar dalam lomba sejenis Tingkat Provinsi yang akan digelar di Padang Tahun 2020.

Seperti disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Yan Kas Bari,SE dalam pembukaan Lomba Bercerita Tingkat SD kemaren, pelajar Tanah Datar pernah mendapat juara Harapan II Tingkat Nasional pada Tahun 2014 dan 2016.

“Namun setelah itu pelajar SD maupun SMP tidak pernah lagi mendapat juara di tingkat provinsi,” kata Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar itu.

Peringkat 5 Besar Lomba Menulis Artikel tahun 2019

1.Mila Tul’alni, SMPN 3 Batipuh Selatan (Kecamatan Batipuh Selatan)
2.Adella Cici Permata, SMPN 1 Batipuh (Kecamatan Batipuh)
3.Bunga Anggresia Putri, SMPN 1 Tanjung baru (Kecamatan Tanjung Baru)
4.Sabrina Raysa Candra, SMPN 1 Rambatan (Kecamatan Rambatan)
5.Ranija Muspita, SMPN 2 Sungyang (Kecamatan Sungayang).
Sementara itu peserta SMPN 2 Lintau Buo, Radar Mustika belum beruntung menempatkan diri menjadi penulis artikel pada posisi terbaik. Namun semua peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan dan uang transportasi dari panitia pelaksana. 

0 Response to "Erizal Ramli Buka Lomba, Mila Keluar Sebagai Juara Menulis Artikel"

Posting Komentar