Euporbhia, Puspa Sederhana Namun Menarik Dipandang Mata

Euphorbia, puspa sederhana namun menarik di pandang mata – Tumben! Saya heran juga, kenapa di akhir pekan ini menulis dan memposting masalah bunga. Entah karena hati lagi berbuga-bunga, heheheh... Entah karena apa. Atau jangan-jangan, karena memang kehabisan ide untuk menulis artikel tentang tips atau info tentang pendidikan.

puspa,euphorbia,bunga
Bunga euphorbia (doc.matrapendidikan.com)

Tapi sungguh, gambar dan clip video bunga euphorbia ini tidak sengaja saya temukan di flash disk. Lagi males aja, buka-buka folder dan file flash disk yang memang sudah lama enggak kebuka.

Liat gambar bunga euphorbianya sekilas, kemudian putar clipnya. Ahaaiii…! Muncul juga ide untuk menulis dan mempostinya di blog yang sedang anda kunjungi ini.

Ya, bunga identik dengan keindahan dan hampir semua orang menyukai keindahan. Dan bunga tidak lagi identik dengan wanita, di era milennial ini! Lho? Kemana perginya? Pakai milennial segala.

Ada pameo cenderung selera pada yang enak, cenderung mata pada yang indah. Tapi buga euphorbia ini sangat sederhana, tidak secantik bunga-bunga lain yang ditemukan di taman atau di galeri bunga.

Tapi inga, eh…ingat! Yang cantik belum tentuk menarik. Namun yang menarik mungkin saja terlihat cantik! Contohnya, bunga euphorbia ini. Selain menarik, bunga ini banyak ditanam di pekarangan atau taman. Dan, gambar euphorbia ini orisinil, tidak diedit.atau kena sentuhan editor photo.

Ha, biarlah dipilih yang sederhana saja tapi dapat diraih dan dijangkau karena banyak di sekitar kita. Ketimbang mengharap bunga yang paling indah dan mahal namun jauh di mata serta sulit dimiliki..Heheheh.

Sebagian orang menyebutnya dengan bunga pakis giwang. Karena struktur daunnya mirip giwang. Tapi anda harus hati-hati lho? Memang sederhana dan mudah ditemukan. Bunga euphorbia atau pakis giwang ini memiliki pengaman. Jangan tanam atau pegang sembarangan. Kenapa?

Batang bunga euphorbia banyak durinya!. Kalau memegangnya harus pelan dan hati-hati agar tidak tertusuk oleh durinya yang tajam. Atau kalau menanamnya di taman, tanamlah agak ke tengah taman.

Meskipun sederhana namun menarik! Apalagi bunga ini termasuk bunga sejati! Memiliki alat pembiakan jantan dan betina.

Oh, ternyata bunga euphorbia juga punya kelemahan. Bunga pakis giwang ini mudah layu ketika terjemur di panas matahari. Atau kena air hujan berlebihan. Kenapa? Batangnya yang berduri itu tidak menyimpan air, sebagaimana halnya bunga kaktus.

Nah, coba lihat cuplikan video bunga euphorbia beriukut ini!


Demikian sekilas tentang bunga euphorbia yang sederhana namun menarik juga untuk dipandang mata. Selamat berakhir pekan!

2 Responses to "Euporbhia, Puspa Sederhana Namun Menarik Dipandang Mata"

  1. Yang Cantik belum tentu menarik, tapi kalau yang menarik mungkin saja terlihat cantik, mungkin juga terlihat manis pak hehe.
    Bunga Euporbhia tersebut merupakan salah satu puspa yg dilindungi juga bukan pak ? ... soalnya baru kali ini saya mendengar nama nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pak Eka. Soalnya cantik itu bersifat relatif. Bunga euphorbia bukan tanaman langka dan dilindungi pak. Soalnya sudah banyak yang mengembangkannya, bahkan di taman sekolah banyak yang menanamnya...

      Hapus