Dominique Jean Larrey, Sang Perintis Ambulans Moderen

Dominique jean larrey, sang perintis ambulan moderen – Dominique Jean Larrey lahir di Beaudean, Prancis 8 Juli 1776. Pada usia 13 tahun ia diasuh oleh pamannya yang seorang dokter bedah di Toulouse karena ditinggal orangtuanya. Pamannya yang dokter bedah menjadi awal bagi Larrey mengenal dunia kedokteran.

jean larrey,perintis ambulans,ambulan moderen
Dominique Jean Larrey (edubilla.com)

Dan, akhirnya Larrey juga menjadi seorang ahli bedah Perancis yang mengikut profesi pamannya. Lalu, apa hubungannya dengan ambulan moderen sesuai topik pembahasan pada artikel ini?

Nama Dominique Jean Larrey diketahui erat kaitannya dengan mobil ambulans. Kendaraan khusus untuk membawa pasien yang dalam keadaan darurat ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan pertolongan atau perawatan.

Ambulans moderen yang ada saat ini berawal dari rintisan Larrey pada tahun 1819 ketika  ia menjadi dokter bedah militer Prancis. Saat itu terjadi perang dan banyak prajurit yang terluka. 

Ambulans rintisan Larrey berupa kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda. Jendela kereta ada disisi kiri dan kanan dan di dalamnya dilengkapi dengan kasur kasur dan perlengkapan medis lainnya. Meskipun belum dikatakan moderen namun diketahui, ambulans ciptaan Larrey inilah yang menjadi konsep ambulans moderen yang ada sekarang.

Larey mendapat penghargaan gelar kebangsawanan dari Napoleon Bonaparte berkat jasanya membentuk pasukan ambulans yang terdiri dari pengangkut tandu dan tim medis.

Ambulans (ambulance) yang kita kenal sekarang termasuk ambulans yang sudah moderen. Dilengkapi dengan peralatan medis, memiliki sirine yang dapat meraungraung serta dilengkapi lampu baling-balik.

Sirine dan lampu berputar sebagai fasilitas untuk dapat melewati kemacetan jalan yang dilewati.

Uniknya tulisan ‘ambulance’ ditulis terbalik karena cermin spion kendaraan pada umumnya terbuiat dari lensa cembung yang membentuk bayangan terbalik.Dengan demikian pengendara dapat memberikan fasilitas pada ambulans untuk mendahului.

0 Response to "Dominique Jean Larrey, Sang Perintis Ambulans Moderen"

Posting Komentar