Hai Guys..., Mari Kita Belajar dan Pahami Deret Tribolistrik

Hai guys..., mari kita belajar dan pahami deret tribolistrik – Ketika mempelajari konsep listrik statis di kelas 9 Semester 1 pada Mata Pelajaran IPA SMP/MTs, guys akan bertemu dengan bagian materi yang disebut Deret Tribolistrik. Ada yang sudah mempelajarinya, sehingga sudah mengerti apa itu deret tribolistrik dan apa saja bahan-bahannya, bukan?

tribolistrik,deret tribolistrik,memahami,listrik statis,fisika
Deret tribolistrik (matrapendidikan.com)

Namun bagi guys yang belum sampai ke materi ini, kebetulan sekali akan dibahas bagian materi Deret Tribolistrik. Tapi baca sampai tuntas ya, guys? Biar mengerti dan hafal deretnya, gi tu lho...?.Tapi sabar dulu guys, ada baiknya disinggung kembali sepintas masalah listrik statis.

Oke, guys... Listrik statis terjadi karena ketidakseimbangan jumlah muatan listrik pada suatu benda, di dalam maupun di permukaannya. Ini bermula dari penemuan Thales dimana ia menggosokkan batu ambar dengan kain wol. Kemudian batu ambar didekatkan pada bulu ayam. Bulu ayam menempel sesaat pada batu ambar.
Nah, sekarang apa itu deret tribolistrik? Deret tribolistrik adalah urutan deret benda yang akan bermuatan listrik negatif bila digosok dengan sembarang benda di atasnya dan akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan benda di bawahnya.

Ada 14 macam benda dalam Deret Tribolistrik, yaitu:

1.Bulu kelinci
2.Gelas (kaca)
3.Mika (plastik)
4.Wol
5.Bulu kucing
6.Sutera
7.Kapas
8.Kayu
9.Batu ambar
10.Damar
11.Logam (Cu, Ni, Ag)
12.Belerang
13.Logam (Pt, Au)
14.Selenoid.

Contoh: Mika plastik (nomor 3) digosok dengan Bulu kelinci (nomor 1) yang berada di atasnya, maka Mika plastik akan bermuatan listrik negatif, sedangkan bulu kelinci akan bermuatan listrik positif. Coba buat contoh lainnya guys....

Apa gunanya dipelajari dan dipahami deret tribolistrik di atas? Tentunya guys bisa menentukan kombinasi bahan yang tepat untuk menghasilkan listrik statis terbesar.

0 Response to "Hai Guys..., Mari Kita Belajar dan Pahami Deret Tribolistrik"

Posting Komentar