Motivasi dan Disiplin Belajar Siswa Masih Rendah

Motivasi dan disiplin belajar siswa masih rendah – Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Lintau Buo pada umumnya masih perlu ditingkatkan lagi. Hal ini berdasarkan dari laporan sementara tentang hasil penilaian tengah semester (PTS) yang baru selesai di selenggarakan minggu lalu.

inspektur upacara,kepala sekolah,motivasi,disiplin
Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Titin Susilawati, S.Pd. selaku inspektur upacara bendera (matrapendidikan.com)
“Siswa hendaknya menjadikan keadaan orangtuanya sekarang sebagai pembanding dalam meningkatkan semangat dan kemauan belajar, supaya hidup siswa jauh berubah lebih baik daripada pada kondisi orangtuanya sekarang,” tutur Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Titin Susilawati, S.Pd. saat menjadi inspektur upacara bendera di halaman sekolah setempat, Senin (14/10).

Titin Susilawati, S.Pd. mengutip sebuah kalimat motivasi untuk siswa, Tinggikanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, namun rendahkanlah hatimu serendah mutiara di dasar laut.

Siswa harus punya cita-cita supaya ada semangat dan keinginan untuk belajar sehingga kehidupannya lebih baik dari orangtuanya. Namun demikian harus dibarengi dengan sikap dan karakter yang baik.

osis,pelaksana upacara,smpn 2 lintau buo
Osis sebagai pelaksana upacara bendera (matrapendidikan.com)

Sebelumnya pada awal amanatnya, kepala sekolah mengatakan bahwa lemahnya disiplin belajar siswa tercermin dari disiplin belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Inspektur upacara mengambil analog perkalian dalam pelajaran Matematika, dimana 1 x 5 sama hasilnya dengan 5 x 1.

Namun dalam belajar hasil perkalian tersebut akan jauh berbeda. Belajar 5 x 1 artinya siswa belajar 5 kali dalam satu kompetensi dasar. Sedangkan belajar 1 x 5 artinya, 1 kali belajar untuk 5 kompetensi dasar. Dengan kata lain siswa dengan prinsip ini suka merapel belajar.

“Siswa dalam belajar hendaknya menggunakan prinsip 5 x 1, lima kali mempelajari satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Dengan demikian semakin sering belajar semakin baik hasilnya,” tandas kepala sekolah.

Untuk meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa maka pihak sekolah akan membagikan hasil PTS langsung kepada orangtua. Pihak sekolah akan dapat beradiensi dengan orangtua siswa membicarakan masalah dalam kemajuan belajar siswa di sekolah.

0 Response to "Motivasi dan Disiplin Belajar Siswa Masih Rendah"

Posting Komentar