Pacu Kuda di Bukik Gombak Sukses dan Menghibur Masyarakat

Pacu kuda di bukit gombak 2019 sukses dan menghibur masyarakat – Hiruk pikuk di Gelanggang Pacuan Dang Tuanku Bukik Gombak telah usai. Selama dua hari berturut-turut, Minggu dan Senin (6 sd 7 Opktober) di gelanggang ini telah digelar alek nagari dan atraksi budaya Pacu Kuda dalam ajang Wirabraja Pacu Kuda Tradisional dan Open Race 2019.

pacu kuda,tradisional,open race,2019,tanah datar
Pacu kuda di race Kelas AB Terbuka 1200 M di Gelanggang Dang Tuanku Bukik Gombak (matrapendidikan.com)

Pacuan Kuda agenda Pordasi Sumbar ini  telah ditutup secara resmi oleh Wabup Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH, Senin Sore (7/10).  Admin matrapendidikan.com merangkum even alek nagari dan atraksi budaya tersebut dalam bentuk catatan yang dihimpun dari kontributor matrapendidikan.com dan berbagai sumber yang relevan. 

Pacu Kuda tradisional dan open race telah dibuka oleh Bupati Tanah Datar Drs.H.Irdinansyah Tarmizi, Minggu 6/10). Dalam sambutan pembukaannya Irdinansyah Tarmizi  mengatakan bahwa pacu kuda merupakan alek  nagari dan atraksi budaya yang perlu dilestarikan karena sudah berlangsung turun temurun sejak ratusan tahun.

Ketua Pelaksan Letkol Inf.Edi Sugianto Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa pacu kuda diikuti oleh 43 kuda dari Pordasi Provinsi tetangga seperti Sumut, Riau dan Jambi serta Pordasi Kabupaten.

Even Pacu Kuda Wirabraja Pacu Kuda Tradisional dan Open Race 2019 dalamrangka memeriahkan HUT TNI ke 74 ini dikunjungi oleh ribuan penonton memperlombakan 19 race yang terlaksana selama dua hari.

Pada babak terakhir Pacu Kuda Tradisional dan Open Race Tahun 2019 digelar Pacu Boko yang diikuti oleh 2 kuda, masing-masing kuda Madani dan kuda Dewi Gunung Talang.

Peserta pacuan pada tahun ini menurun. Pada tahun sebelumnya diikuti oleh 60 kuda berkurang menjadi 43 peserta. Namun demikian pengunjung tahun ini jauh lebih ramai. Tak kurang 40 ribuan masyarakat telah menyaksikan pacu kuda di Gelnggang Dang Tuanku Bukt Gombak.
Lihat juga : Masyarakat Tanah Datar Kembali Saksikan Alek Nagari Pacu Kuda
Yang pasti, masyarakat Tanah Datar khususnya dan pengunjung pada umumnya sudah terhibur dan Alek Nagari dan Atraksi budaya pacu kuda tahun 2019 ini sukses. Sampai jumpa di tahun berikutnya. 

0 Response to "Pacu Kuda di Bukik Gombak Sukses dan Menghibur Masyarakat"

Posting Komentar