Prinsip Fisika pada Wahana Komedi Putar

Prinsip fisika pada wahana komedi putar – Fisika itu, ada dimana-mana dan kapan saja. Benar! Di pasar malam pun ada pelajaran fisika. Berarti fisika itu tidak hanya rumus-rumus yang sering bikin puyeng kepala siswa. Makanya, jangan takut dengan pelajaran fisika. Justru penerapan ilmu fisika itu sangat menarik, lho?

prinsip fisika,komedi putar,pasar malam
Prinsip ilmu fisika pada wahana komedi putar (matrapendidikan.com)

Ya, contohnya komedi putar yang ada di pasar malam. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wahana ini. Komedi putar (carousel) merupakan salah satu wahana hiburan rakyat yang selalu ada pada ajang pasar malam maupun taman bermain atau taman tema (themepark). 
Komedi putar ini berupa atraksi bendi dan kuda-kudaan, dapat dinaiki dan berputar pada platform datar. Biasanya wahana komedi putar juga diiringi dengan musik sehingga suasana jadi ramai dan meriah di malam hari.

Wahana komedi putar bergerak pada bidang datar dengan lintasan melingkar (gerak melingkar) dan kecepatan sesuai dengan kondisi penumpang sehingga merasa nyaman dan terhibur. Hal ini sudah diatur sehingga penumpang tidak terlempar jika terlalu cepat putarannya.

Prinsip ilmu fisika yang berlaku pada wahana komedi putar adalah keseimbangan gerak dan gaya. Keseimbangan gerak dan gaya terlihat dari kecepatan wahana berputar yang tetap sehingga penumpang merasa nyaman dan terhibur.

Kuda-kudaan bergerak melingkar pada bidang datar (berputar) satu ;lingkaran penuh dalam selang waktu yang sama. Meskipun demikian, bagian kuda-kudaan bagian luar menempuh jarak yang lebih panjang daripada bagian dalam. Akibatnya kuda-kudaan bagian luar bergerak lebih cepat

Saksikan juga tayangan komedi putar berikut ini!


Dapat dikatakan, wahana komedi putar bergerak dengan percepatan sentripetal, panjang lintasan dan kelajuan linear yang tetap. Sampai jumpa di artikel penerapan fisika berikutnya.

0 Response to "Prinsip Fisika pada Wahana Komedi Putar"

Posting Komentar