Sadari, Sekolah Memang Begitu!

Sadari, sekolah memang begitu! – Sekolah itu banyak tugas atau Pekerjaan Rumah (PR). Kok begitu? Ya, karena di sekolah memang banyak mata pelajarannya. Kalau banyak mata pelajarannya, besar  kemungkinannya juga banyak tugas atau PR-nya. Masuk akal, bukan?

pelajar,belajar,sekolah
Ilustrasi pelajar (pixabay.com)

Sekolah itu, juga banyak ulangan atau ujiannya. Benar sekali, ada ulangan harian. Ulangan ini biasanya setelah selesai setiap satu kopetensi dasar (KD). Ada pula ulangan tengah semester (UTS), ulangan akhir semester (UAS) dan Ujian Nasional (UN).

Di sekolah juga banyak kegiatan ekstrakurikuler. Ada aturan dan tata tertib serta sanksinya. Kadang-kadang pelajar kena marah, dapat sanksi dan hukuman dari guru karena melanggarnya.

Itukah yang membuat pelajar jadi malas belajar, bolos atau bahkan malas datang ke sekolah dan pikiran kacau tak karuan? Atau memutuskan untuk berhenti sekolah? Lantas, apakah cara ini dapat mengatasi masalah pelajar?

Apakah pelajar berpikir bahwa belajar di sekolah untuk bersenang-senang dan menyenangkan diri? Melepaskan diri dari rumah, agar dapat uang jajan, bebas dari kegiatan membantu orangtua di rumah?

Sadarilah, belajar di sekolah memang begitu. Di sekolah itu ada kegiatan, pekerjaan dan tugas, ada aturan dan tata tertib yang mengikat. Kecuali untuk anak PAUD atau TK.

Tidak ada anak sekolah yang santai, bebas dari tugas dan PR, kegiatan ekstraurikuler, ujian dan lain sebagainya, lantas pelajar itu sukses kelak! Kalau dulu mungkin bisa. Sekarang, persaingan semakin ketat dalam hidup.   

Beruntunglah pelajar yang menyadari bahwa belajar di sekolah memang begitu! Kemudian dapat mengikuti semua kegiatan, aturan dan tata tertib di sekolah. Kelak, setelah terjun ke masyarakat akan terbiasa disiplin, bekerja keras, pandai membagi waktu.

Bersyukurlah pelajar yang memaklumi bahwa belajar di sekolah memang begitu. Belajar selagi masih sekolah adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas diri sebagai bekal masa depan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, pelajar haruslah berusaha untuk beradaptasi dengan dunia dimana ia sekolah. Patuhi aturan dan tata tertib di sekolah. Ikuti pelajaran demi pelajaran dengan baik. Jangan bedakan pelajaran atau guru yang satu dengan yang lain. Toh, semua pelajaran pasti ada manfaatnya kelak.

Sadarilah, sekolah memang begitu!

0 Response to "Sadari, Sekolah Memang Begitu!"

Posting Komentar