Suku Kaum Piliang Kampung Dalimo Nagari Taluk 'Malewakan Gala' Datuak Mogek Panghulu

Suku kaum piliang kampung dalimo 'malewakan gala' datuak mogek panghulu – Bertepatan dengan 100 hari wafatnya Amril, suku kaum Piliang Kampung Dalimo Jorong Taruko, Kanagarian Taluk, Lintau Buo melewakan gala di rumah gadang Kampung Dalimo hari ini, Rabu (9/10).

aiptu syafriyon,datuakmogek,panghulu piliang
Aiptu Syafriyon Datuak Mogek Panghulu (Lintau Buo/matrapendidikan.com)

Sementara itu Aiptu Syafrion dilewakan memegang gelar Datuak Mogek Panghulu. Prosesi malewakan gala diawali dengan proses adat bako, mengarak batu mejan dari rumah gadang Kampung Dalimo ke pendam perkuburan kemudian ditanamkan di makam Amril.

Prosesi pemberian gelar Datuak Mogek Panghulu kepada Aiptu Syafrion, Kanit KSPK Polsek Lintau Buo ini dihadiri Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo dan Wabup Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH serta Ketua GOW Tanah Datar Ny.Retri Zuldafri Darma.

suguhan sirih,rombongan wabup,lewa gala,suku piliang
Wabup dan rombongan disuguhi Siriah dalam Carano dalam malewakan gala di Taluk (Lintau Buo/matrapendidikan.com)

Dari unsur Forkopimca Lintau Buo tampak hadir Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Kapolsek Lintau Buo Aiptu Yendrizal dan Danramil 0307/04/TD Kapten Dul Majid.

Prosesi malewakan gala ini juga dihadiri oleh pemangku adat Nagari Taluk, ninik mamak dan ketua KAN Nagari Taluk.

Seperti diinfokan sebelumnya, sesuai adat salingka nagari Taluak, dengan wafatnya penghulu suku Piliang tersebut akan terjadi prosesi adat yang sudah berlangsung turun temurun.
Prosesi dimulai dengan penyelenggaraan jenazah dan ‘batagak galagh’ (gelar). Aiptu Syafriyon, bakal menyandang gelar Dt. Mogek Panghulu. Oleh sebab, pengganti penghulu yang wafat ‘bagogai’ dan diarak di atas ‘gogai’ (tandu).

0 Response to "Suku Kaum Piliang Kampung Dalimo Nagari Taluk 'Malewakan Gala' Datuak Mogek Panghulu"

Posting Komentar