5 Tips Bijak Penggunaan Gadget buat Anak Sekolah

5 Tips bijak penggunaan gadget buat anak sekolah – Gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik kecil dengan fungsi khusus dan menyajikan informasi dan teknologi terbaru. Yang termasuk ke dalam gadget antara lain handphone, laptop, camera digital dan tablet.

tips,cara,menggunakan,gadget
Ilustrasi pengunaan gadget (pexels.com)

Handphone terdiri dari handphone biasa dan smartphone (telepon pintar). Nah, akhir-akhir ini anak sekolah marak menggunakan telepon pintar seperti android, blackberry, iphone, netbook dan lain-lain.

Anak sekolah dilarang membawa gadget atau yang sering disebut dengan gawai ini. Begitu pula di rumah, penggunaan gadget oleh anak sekolah juga dibatasi. Berkaitan dengan pembatasan itu, anak sekolah sering bertanya kenapa dilarang dan dibatasi?

Ketahuilah, larangan membawa gadget semisal smartphone (telepon pintar) ke sekolah bertujuan untuk menghindari terganggunya proses belajar di sekoalah. Pembatasan penggunaan gadget oleh orangtua di rumah bertujuan melindungi anak dari dampak negatif penggunaan gadget tersebut.

Penggunaan gadget cenderung membuat anak sekolah malas belajar. Membaca buku pelajaran atau pun membuat tugas atau Pekerjaan Rumah (PR). Menurut Psikolog Ratih Ibrahim, MM.Psi, pemakaian gadget tanpa batas akan membuat anak malas belajar, membaca dan menulis.
Sebab, anak lebih tertarik dengan gadget ketimbang lingkungan nyata di sekelilingnya. Anak yang kecanduan gadget biasanya kurang terampil bersosialisasi serta kurang memiliki rasa empati. Selain itu kata Ratih, kecanduan gadget mengganggu penglihatan mata karena pancaran sinar layar gadget.

Lalu bagaimana penggunakan gadget buat anak sekolah? Ikuti tips bijak berikut!

1.Gunakan dimana dan kapan perlu saja

Kok dibatasi? Iya. Agar anak sekolah tidak tergantung atau kecanduan gadget dan tidak mengganggu proses belajarnya di sekolah maupun di rumah.. Jangan bawa hp ke sekolah karena memang dilarang oleh guru.

Di rumah, orangtua perlu membatasi penggunaan gadget pada anak. Membatasi dalam pengertianiani adalah mengatur waktu penggunaannya. Dalam belajar seperti membaca buku, membuat PR maka gadget disingkirkan.

Gunakan gadget dimana dan kapan perlu saja. Perhatikan waktu dan tempat anak sekolah menggunakan gadget. Tujuannya melindungi anak sekolah dari dampak negatif informasi gadget.

Jadi, usahakan agar anak sekolah tidak membawa gadget ke sekolah. Biasanya kalau sudah dilarang, akan ada tindak lanjut larangan itu. Akan diakan razia oleh guru bahkan pihak aparat berwajib.

2.Jangan terlalu membebani orangtua

Bagi anak sekolah, gadget umumnya dibelikan orangtua mengingat harganya yang tidak murah. Untuk mengakses informasi, gadget memerlukan paket data dan untuk berkomunikasi diperlukan pulsa. Itu juga memerlukan biaya.  

Maka sebaiknya berpandai-pandailah menggunakan gadget dan paket data atau pun pulsa sehingga tidak membebani orangtua. Anak sekolah pintar dan hebat akan menyisihkan uang jajan sendiri untuk membeli paket atau pulsa sehingga tidak membebani orangtua.

3.Perhatikan cara penggunaannya

Anak sekolah perlu memperhatikan cara penggunaan gadget yang benar agar tidak berdampak terhadap kesehatan mata. Jangan gunakan gadget dalam waktu terlalu lama. Begitu pula jarak mata dengan layar, perlu dijaga agar tidak terpapar radiasi layar gadget.

4.Merawat gadget dengan baik

Merawat gadget pembelian orangtua perlu dilakukan anak sekolah. Tujuannya agar gadget berumur panjang. Jika gadget rusak melulu akibat cara perawatan yang tidak benar akan merugikan orangtua. Beban orangtua bertambah lagi.

5.Gunakan untuk hal positif

Gunakan gadget untuk hal positif seperti mencari informasi berkaitan dengan pengetahuan atau pelajaran di sekolah. Bermedia sosial? Tentu saja boleh asal tidak keterlaluan dalam bermedia sosial.

Kalau perlu anak sekolah belajar menulis dan membuat blog sendiri melalui gadget yang dimiliki. Ini banyak manfaatnya untuk anak sekolah. Tidak itu saja, anak sekolah juga dapat mengikuti les atau bimbingan belajar secara online di internet.
Itulah 5 tips bijak penggunaan gadget buat anak sekolah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Bijak Penggunaan Gadget buat Anak Sekolah"

Posting Komentar