Camat Lintau Buo, Korpri Sekedar Melayani Saja Tidak Cukup

Camat lintau buo, korpri sekedar melayani saja tidak cukup – Camat Lintau Buo Drs. Agusril bertindak selaku inspektur upacara pada Peringatan HUT Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) ke- 48 Tahun 2019 di Halaman Kantor Camat Lintau Buo, Jumat pagi (29/11).

inspektur upacara,camat lb,hut korpri
Camat Lintau Buo bacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo pada upacara HUT Korpri ke- 48 di Halaman Kantor Camat Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Upacara Peringatan HUT Korpri ke- 48 Tahun 2019 ini diselenggarakan di seluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai kecamatan hari ini. Sementara di Kecamatan Lintau Buo, upacara Peringatan HUT Korpri ke- 48 digabung dengan HUT PGRI ke- 74.

Upacara bendera gabungan untuk memperingati dua momentum bersejarah ini dihadiri oleh Forkopimca Lintau Buo, Perangkat Nagari, Kepala instansi/lembaga, Aparatur Sipil Negara, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, mahasiswa, guru penerima piagam penghargaan dan undangan lainnya.

Sambutan tertulis presiden

Drs. Agusril dalam sambutannya membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo dan Pengurus Besar PGRI Pusat menyampaikan bahwa, korpri sekedar melayani saja sudah tidak cukup lagi. Pelayanan yang diberikan harus baik, mudah dan cepat.

“Saya juga sering mengingatkan bahwa kita harus mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih menigkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil. Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik, serta program-program pembangunan  betul-betul ter-delivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saya sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan dan kecepatan.”  tulis Presiden RI Joko Widodo dalam naskah sambutannya yang dibacakan oleh setiap inspektur upacara peringatan HUT  Korpri di Indonesia.

Peringatan HUT Korpri ke- 48 tahun 2019 ini mengusung tema: Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa.

Sementara itu sambutan tertulis Pengurus Besar PGRI Pusat yang dibacakan Camat Lintau Buo mengungkapkan betapa pentingnya peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa dan membangun manusia Indonesia berkualitas.

Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan HUT PGRI  dan HGN tahun 2019, Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul.

Upacara sukses dan khidmad

Upacara Peringatan HUT Korpri ke- 48 sekaligus HUT PGRI ke- 74 di Halaman Kantor Camat Lintau Buo tersebut berlangsung sukses dan khidmad. Hal ini didukung oleh ketekunan berlatih para pelaksana upacara yang ditugaskan oleh Camat Lintau Buo.

Efriadi, S.Pd. (Guru SMKN 1 Lintau Buo) bertindak selaku komandan upacara bendera. Sementara itu Sri Handayani, S.Pd., (Kepala SDN 03 Tigo Jangko) bertindak sebagai protokol (pembawa acara).

Bendera merah putih dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari Penggerek bendera (Rudi Pranata, SE), Pengibar bendera (Benni Rikki, S.Kom) dan Pembawa bendera (Maghnadya Rachmani Putri, S.Pd.). Ketiga personil ini berdinas di SMAN 2 Lintau Buo.

pengibar bendera,hut korpri,guru sma
Inilah pengibar bendera merah putih pada upacara HUT Korpri ke- 48, masing-masing Benni Rikki, S.Kom, Maghnadya Rachmani Putri, S.Pd dan Rudi Pranata, SE (matrapedidikan.com)

Sementara itu Susi Fitria, SP. (Guru MTsN 9 Pangian Tanah Datar) dan Elfi Sesmita, S.P. (Kepala SDN 12 Pangian), masing-masing sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri.

pembaca teks,pembukaan uud,panca preasetya,korpri
Susi Fitria, S.P. membacakan Teks Pembukaan UUD 1945 dan Elfi Sesmita, S.P akan membacakan Teks Panca Prasetya Korpri (matrapendidikan.com)

Ajudan Inspektur upacara adalah Rendi Samora, S.Pd. (staf Kantor Camat Lintau Buo) dan Perwira upacara Rahmad Daniel, S.Pd.I. (Guru MTsN 9 Pangian)

Upacara bendera ditutup dengan doa oleh Drs.Zuldi (Kepala Kantor Urusan Agama) Kecamatan Lintau Buo.

Usai upacara bendera dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan Piagam Penghargaan kepada guru yang memasuki masa purna tugas di wilayah Lintau Buo serta penyerahan piala kepada pemenang lomba dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke- 74 Tahun 2019 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Guru terima penghargaan

Sebanyak 17 orang guru yang telah memasuki masa pensiun pada tahun 2019 ini juga diundang untuk mengikuti upacara peringatan HUT Korpri ke- 48 dan HUT PGRI ke- 74.

guru,purna tugas,tahun 2019
Pahlawan Pembangun Insan Cendikia yang memasuki masa purna tugas dan akan menerima Piagam Penghargaan dari pemerintah (matrapendidikan.com)

Guru yang memasuki purna tugas ini menerima piagam penghargaan dan bingkisan dari pengurus PGRI Kecamatan Lintau Buo yang diserahkan oleh Camat Lintau Buo, Drs. Agusril.

Pahlawan pembentuk insan cendikia yang menerima penghargaan adalah: Husni Anwar, S.Pd., H.Aditiawarman, Yuhelmi, S.Pd., Drs.Yulianis, Nefrida dan Hasna, S.Pd. Keenam guru ini sebelumnya bertugas sebagai guru di SMPN 2 Lintau Buo.

Pahlawan tanpa tanda jasa yang menerima penghargaan yang memasuki purna tugas di SMKN 1 Lintau Buo masing-masing: A.Dt.Bijayo, S.Pd., Drs.Ujang Andri, Drs.Lizamir, dan. Jari’in.

Drs. Marfar Ridwan.S (Mantan Kepala SMAN 2 Lintau Buo) serta Refnengsih, S.Pd.,  (SMPN 1 Lintau Buo), Ermanian (SDN 08 Tigo Jangko) dan Umaini adalah pendidik yang bertugas terakhir di SMAN 2 Lintau Buo.

Guru purna tugas lainnya yang menerima piagam penghargaan adalah Rosmiati, S.Pd.AUD dari TK Pertiwi Buo dan Siti Aisyah, S.Pd. dari SDN 12 Pangian.

Pemenang lomba terima piala

Dalam kesempatan yang sama panitia HGN dan HUT PGRI ke- 74 juga mengumumkan dan menyerahkan tropi kepada pemenang lomba yang diwakili oleh kepala sekolah masing-masing.

Sekretaris PGRI,serahkan tropi,kepala sekolah,smpn 2 lb
Mardi Harun, S.Pd. menyerahkan tropi juara II Lomba Lagu Solo Putri kepada kepala SMPN 2 Lintau Buo, Titin Susilawati, S.Pd. (matrapendidikan.com)

Sekretaris PGRI Kecamatan Lintau Buo, Mardi Harun, S.Pd. menyerahkan hadiah berupa tropi bagi sekolah pemenang lomba. Berikut pemuncak 5 jenis lomba dan pertandingan yang diadakan panitia HGN dan HUT PGRI ke- 74:

1.VollyBall Putri :
Juara I :Gugus I (Buo-Pangian), Juara II : MTsN 9 Pangian.

2.Futsal
Juara I: Darul U’lum Tigo Jangko, Juara II :MTsN 9 Pangian, Juara III : SD Gugus II

3.MTQ
Juara I : Himpaud Lintau Buo, Juara II :IGTK LIntau Buo, Juara III : SD IT Qurra A’yun

4.Solo Putra
Juara I : Darul U’lum Tigo Jangko, Juara II : SDN 04 Buo dan Juara III : SDN 05 Tigo Jangko.

5.Solo Putri
Juara I : IGTK Lintau Buo, Juara II : SMPN 2 Lintau Buo dan Juara III: SDN 12 Pangian.***

0 Response to "Camat Lintau Buo, Korpri Sekedar Melayani Saja Tidak Cukup"

Posting Komentar