Tak Hanya Monas, Ini Deretan Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Jakarta merupakan kota yang sarat akan makna dan nilai historis yang tinggi. Ibukota Indonesia ini, kamu bisa melihat berbagai tempat menarik seperti gedung pencakar langit yang menjulang hingga pemukiman di sebelah kali.


Namun, banyak juga para wisatawan dari luar daerah juga bisa mencari tiket pesawat murah ke Jakarta untuk berwisata keberbagai lansekap terkenal seperti Monas, Taman Ragunan hingga Ancol.

Namun berbagai tempat wisata ini mulai menanjak popularitasnya sebagai tempat berkunjung warga lokal, dan kamu harus mencobanya.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa sarat akan nilai sejarah yang luar biasa. Pelabuhan merupakan tempat di mana Anda bisa mengetahui berdirinya Batavia atau yang kini dikenal sebagai Jakarta. Di tempat ini, kamu bisa melihat berbagai kapal-kapal tradisional seperti phinisi yang dibuat di Tanjung Bira, Makassar.

Sebaiknya, kamu datang saat sore hari untuk melihat sunrise sekaligus mengabadikan momen dengan kamera,  deretan kapal phinisi yang berwarna-warni. Momennya pun terbaik, karena biasanya awak kapal tengah bongkar muat barang atau pun siap akan berlayar.

2. Planetarium, Jalan Ismail Marzuki

Punya minat di bidang astronomi atau hobi melihat benda-benda langit beserta fenomena yang ada? Kamu harus datang ke Planetarium yang berlokasi di jalan Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Terdapat tiga fasilitas utama di Planetarium yaitu fasilitas pertunjukan bintang di mana kamu bisa menikmati pertunjukan planet dan bintang selama 60 menit, lalu Observatorium, dan ruang pameran.

Untuk jadwal pertunjukan, Selasa sampai dengan Jumat jam 16.30 lalu Sabtu dan Minggu ada dua kali pertunjukan yaitu jam 10.00 dan jam 13.00. Harilibur Planetarium merupakan hari Senin dan hari libur nasional. Untuk mencapai kesana, kamu bisa turun di stasiun Cikini dan memilih transportasi seperti bajaj atau ojek.

3. StasiunTanjungPriok

Kamu mungkin mengenal Stasiun Senen, Jati Negara atau Gambir sebagai stasiun paling beken di Jakarta. Namun stasiun Tanjung Priok menjadi stasiun terbaik untuk para penggila fotografi dan seni untuk mengabadikan momen yang ada. Bangunannya bergaya art deco dengan nuansa kuno, khususnya untuk design interior karena terlihat sangat artistik.

Kamu juga bisa pergi ke pelabuhan kapal laut Tanjung Priok karena berada persis di sebelah stasiun. Untuk mencapai kesana, Anda cukup naik kereta Commuter Line ke Jakarta Kota untuk transit, setelah itu bisa melanjutkan perjalanan dengan alat transportasi yang sama tujuan Jakarta Kota-Tanjung Priok.

4. Mangrove Forest, Pantai Indah Kapuk.

Jakarta terkenal dengan kota yang padat, sumpek dan sarang kemacetan. Namun, banyak juga 'oase'  tersembunyi seperti tempat wisata hutan mangrove yang terletak di jalan Pantai Indah Kapuk. Selain berjalan kaki mengelilingi hutan mangrove lewat jembatan-jembatan kayu yang sudah disediakan, kamu juga bisa lho, mengitari rawa mangrove naik speed boat atau kanoe.

Sebaiknya datang pada pagi atau sore hariya karena kalau siang mataharinya terik banget. Kalau mau menginap pengelola menyediakan juga kok pondok pondok mungil. Tempat ini juga menyediadakan beberapa restoran untuk menghilangkan lapar saat capek berkeliling hutan.

5. Chinatown, Glodok.

Kamu menginginkan spot bagus untuk berwisata sekaligus mengabadikan momen dengan nuansa China yang kental? Kamu harus datang ke Chinatown, Glodok. Lokasinya sangat strategis dekat dengan stasiun Kota dan Kota Tua. Di Chinatown, kamu bisa seru-seruan sembari mengamati kebudayaan  yang ada. Namun, waktu paling tepat berkunjung ke Chinatown  adalah saat Imlek.

Para warga lokal akan menghias klenteng menjadi secantik dan membuat atraksi meriah seperti barongsai hingga kembang api. Selain itu, juga terdapat makanan khas imlek seperti mie panjag umur yang bisa kamu cicip. Untuk mencapai kesana, kamu bisa turun di stasiun Kota dan melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Sumber foto : https://bhinnekashuttle.com/article/hutan-mangrove-pantai-indah-kapuk-oase-di-tengah-panasnya-pesisir-utara-jakarta/

0 Response to "Tak Hanya Monas, Ini Deretan Tempat Wisata Terbaik di Jakarta"

Posting Komentar