Maulud Nabi Muhammad SAW dan Keistimewaan Bulan Rabiul Awal

Maulud nabi muhammad saw dan keistimewaan bulan rabiul awal – Bulan Rabiul Awal diketahui oleh umat muslim memiliki banyak keistimewaan. Tentu saja bukan hanya sekadar untuk diketahui belaka, lebih dari itu adalah bagaimana umat muslim membaca, memahami dan mengamalkan keistimewaan bulan tersebut dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

maulud nabi,muhammad saw,keistimewaan

Ilustrasi maulud nabi muhammad SAW (matrapendidikan.com)

Ada 3 peristiwa penting yang terjadi dan sangat istimewa di Bulan Rabiul Awal ini. Nabi Muhammad SAW lahir 12 Rabiul awal pada Tahun Gajah (‘al fiil) pada hari Senin.

Kemudian tanggal 17 Rabiul Awal, Nabi Muhammad SAW Hijrah, pindah dari Makkah ke Madinah. Pada bulan ini juga, tepatnya 27 Rabiul Awal Nabi Muhammad SAW wafat. Itu 3 peristiwa penting di bulan Rabiul Awal.

Berkaitan dengan peristiwa penting tersebut, umat muslim dianjurkan untuk banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW, berbuat amal kebaikan karena bulan ini banyak berkahnya.

Anjuran ini dilakukan umat muslim sebagai ungkapan kecintaan dan memperteguh kecintaan tersebut kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga untuk memuliakan dan membesarkan Nabi Muhammad SAW.

Nah, pada kalender nasional tahun 2019 M atau 1431 H, peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada Hari Sabtu, 9 November dan ditandai sebagai hari libur nasional.

Khusus bagi warga sekolah, mungkin ada yang memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW pada hari ini (Jumat) karena besok hari libur. 

Dan mungkin juga memperingatinya pada hari libur esok. Namun yang penting adalah bagaimana warga sekolah memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW dengan hidmad dan meriah.

0 Response to "Maulud Nabi Muhammad SAW dan Keistimewaan Bulan Rabiul Awal"

Posting Komentar