Masa Sekolah, Tentunya Masa Paling Menyenangkan dalam Hidup Seseorang

Masa sekolah, tentunya masa paling menyenangkan dalam hidup seseorang – Sejatinya masa sekolah itu menjadi masa paling menyenangkan dalam hidup seseorang. Masa penuh dinamika dan ditandai dengan pernak-pernik gejola jiwa muda nan menggelora. Menapaki hari demi hari dengan belajar dan bersosialisasi dengan teman dan guru di sekolah.

masa sekolah,anak sekolah,masa menyenangkan
Ilustrasi masa sekolah (pexels.com)

Kondisi demikian menjadi kesempatan dan masa keemasan bagi anak dalam membekali diri untuk masa depan yang lebih baik. Namun realitanya sangat disayangkan, masih banyak siswa tidak menyadari, apalagi merasakan hal itu.

Dapat dimaklumi, kenapa ada siswa malas belajar yang ditandai dengan kerap melanggar disiplin sekolah, bolos belajar dan berbagai perilaku menyimpang lainnya.

Siswa tersebut belum, atau tidak menyadari kalau masa sekolah itu sebagai masa dan kesempatan emas untuk mengumpulkan bekal masa depan. Tidak merasakan kalau masa sekolah itu masa yang paling menyenangkan dalam rangkaian proses hidup seorang anak.

Di sisi lain, orangtua murid memang sangat menyadari kalau anak bersekolah dan belajar dengan baik, itu semua berguna untuk mempersiapkan diri anak dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan kesulitan.

Orangtua juga menyadari, untuk menghadapi tantangan ke depan yang tidak ringan, anak harus memiliki bekal iman, ilmu pengetahuan dan keterampilan memadai.
Oleh sebab itu orangtua akan berusaha mati-matian agar anaknya bersekolah dan kelak menjadi anak yang berhasil. Kehidupannya menjadi lebih baik dari orangtuanya sekarang.

Bagi seorang siswa yang sadar diri, masa sekolah itu adalah masa belajar dan memikirkan masalah belajar semata. Ia juga menyadari kalau orangtuanya sengaja tidak membebaninya dengan hal-hal seperti mencari uang, memenuhi kebutuhan pokok (sandang, pangan dan papan) serta kebutuhan dan keperluan sekolah.

Tugas siswa hanya belajar, di sekolah maupun di rumah. Di sekolah, mematuhi aturan dan disiplin sekolah. Mengikuti pelajaran dari awal sampai akhir jam pelajaran. Mengikuti seluruh rangkaian ujian; ujian harian, tengah semester dan semester.

Di rumah, siswa sadar kalau ia juga harus belajar. Mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tidak keluyuran di malam hari, apalagi begadang hanya untuk pekerjaan yang belum tentu ada manfaat untuk dirinya.
Kalau sudah demikian, tentunya masa sekolah akan menjadi masa paling menyenangkan bagi siswa. Masa dan kesempatan emas itu hanya dimanfaatkan untuk membekali diri guna menyongsong masa depan yang lebih baik.

0 Response to "Masa Sekolah, Tentunya Masa Paling Menyenangkan dalam Hidup Seseorang"

Posting Komentar