Wisuda Bukan Akhir Perjuangan Seorang Anak

Wisuda bukan akhir perjuangan seorang anak – Wisuda hanyalah bagian akhir dari suatu episode menuntut ilmu di perguruan tinggi. Namun prosesi wisuda bukanlah akhir melainkan awal bagi seorang anak dalam melangkah terjun ke tengah masyarakat dan memasuki dunia kerja.

wisuda,awal perjuangan,dunia kerja
Wisuda merupakan awal perjuangan dalam memasuki dunia kerja (matrapendidikan.com)

Terjun ke tengah masyarakat maupun memasuki dunia kerja, ternyata tidaklah semakin mudah, apalagi dalam kondisi perekonomian dan keterbatasan lapangan kerja.

Ini dibuktikan dengan kenyataan di hadapan kita, betapa sulit persaingan di dalam kehidupan dalam memenuhi kebutuhan. Lebih kentara lagi persaingan dalam memasuki dunia kerja.

Ijazah yang diterima di perguruan saat diwisuda belum berarti banyak dalam menolong seorang anak jika hanya mengandalkan modal ijazah semata. Betapa banyak sarjana yang belum berhasil menembus dunia kerja, di lembaga pemerintah maupun swasta.

Banyak juga ijazah dibawa tidur’ meskipun gelar tetap disandang di depan atau belakang nama. Oleh karena kurangnya modal ilmu dan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas serta keberuntungan ketika terjun ke tengah masyarakat dan dunia kerja.

Kiranya fenomena seperti itu, sangat sesuai dengan apa yang diutarakan oleh ketua ikatan alumni FMIPA Unand dalam sambutannya saat prosesi peyerahan ijazah sarjana, pascasarjana dan doktor Wisuda Angkatan IV di aula FMIPA Limau Manis,Padang, bahwa wisudawan/wati tidak hanya mengandalkan ijazah dalam memasuki dunia kerja.
Justru ijazah yang dimiliki perlu juga dilengkapi dengan berbagai keahlian lain. Sehingga keahlian lain itu menjadi hobi dan dapat menghasilkan uang. Wisudawan/wisudawati tidak hanya mengharapkan untuk menjadi pegawai negeri.

Senada dengan itu, Drs. Lazuarman, M.Ag perwakilan orangtua/wali mahasiswa menekankan bahwa wisuda itu memang puncak perjuangan seorang anak dalam menempuh pendidikan perguruan tinggi.

Perjuangan dalam menuntut ilmu dan memperoleh nilai akademis yang penuh lika-liku Ketika semua persyaratan akademis terselesaikan maka berakhirlah serangkaian proses dan prosedur di bangku perkuliahan.

Yang perlu diperhitungkan setelah ini adalah bagaimana dapat terjun ke tengah masyarakat dan memasuki dunia kerja. Tingkatkanlah nilai keimanan dan banyak beribadah kep[ada Allah SWT, menjalin hubungan baik dengan kedua orangtua, alumni dan rekan sejawat.
Selamat berjuang dalam memasuki dunia kerja kepada wisudawan/wati khususnya dari FMIPA Unand Padang.

0 Response to "Wisuda Bukan Akhir Perjuangan Seorang Anak"

Posting Komentar