Wisuda Tahfiz Juz 30 Berlangsung Meriah di Gedung Pertemuan Lintau Buo

Wisuda tahfiz juz 30 berlangsung meriah di gedung pertemuan kecamatan lintau buo – Sebanyak 59 siswa SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo mengikuti prosesi wisuda tahfiz juz 30 yang bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Lintau Buo, Pangian, Sabtu (30/11).

wisuda tahfiz,juz 30,sd smp
Wisudawan/wati wisuda tahfiz di Gedung Pertemuan Kecamatan Lintau Buo. (matrapendidikan.com)

Admin matrapendidikan.com sengaja terjun ke arena Gedung Pertemuan Lntau Buo di Pangian mendapatkan info bahwa wisuda tahfiz tahun 2019 ini merupakan yang ke- 3 kalinya.

Acara wisuda tahfizh yang ke- 3 yang berlangsung meriah ini merupakan kerja sama pemerintah Kecamatan Lintau Buo dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah datar.

“Kerja sama pihak kecamatan dengan dinas pendidikan, pak,” ujar Si Handayani, S.Pd. didampingi Noviar Astati, S.Pd. kepada admin matrapendidikan.com saat bincang ringan sebelum acara dimulai.

Acara wisuda tahfiz dihadiri oleh Camat Lintau Buo Drs. Agusril, pejabat dari Dinas Pendidikan Tanah Datar, Dedek Supardana,SE, kepala sekolah, guru Tahfiz dan guru PAI se- Kecamatan Lintau Buo.

Waspadai pengaruh gadget

Camat Lintau Buo Drs. Agusril dalam sambutan awalnya menggambarkan suasana Gedung Pertemuan Kecamatan Lintau Buo yang nyaman dan sejuk karena perindangan oleh tumbuhan.


waspadai gadget,pengawasan anak,sambutan camat
Drs. Agusril, Camat Lintau Buo memberikan sambuatan (matrapendidikan.com)

“Kondisi seperti ini sangat cocok untuk belajar bagi anak. Tidak mungkin anak dapat belajar dengan baik, termasuk membaca dan menghafal al Qur’an dalam suasana panas dan bising,” ujar camat Agusril.

Lebih jauh Drs. Agusril mengingatkan kembali para orangtua wisudawan/wati juz 30 untuk mengawasi anak dari kecanduan bermain game. Namun ia menyadari hal itu tidak mudah dilakukan oleh orangtua untuk saat ini.

“Saya menyarankan kepada bapak/ibuk orangtua wisudawan/wati untuk membuat aturan yang jelas dan tegas tentang penggunaan gadget oleh anak. Ini kita lakukan agar waktu anak tidak terlalu banyak untuk bermain game sebaliknya meningkatkan waktu belajar dan menghafal Al Qur’an,” saran Drs. Agusril.

Widudawan/wati tahfiz 59 siswa

Sebelumnya ketua pelaksana Lomba Tahfiz dan Wisuda Tahfiz ke- 3 Kecamatan Lintau Buo Tahun 2019, Desrima Putra, S.Pd.I. melaporkan bahwa wisuda tahfiz kali ini sebanyak 59 siswa dari tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo.

“Wisudawan/wati kali ini berasal dari siswa SD sebanyak 47 orang dan SMP sebanyak 12 siswa sehingga seluruhnya berjumlah 59 orang,” papar Desrima Putra, S.Pd.I.

Desrima Putra, S.Pd.I juga mengungkapkan kalau pelaksanaan Lomba Tahfiz dipisahkan dengan Wisuda Tahfiz  dalam dua hari agar cukup waktu untuk menyelenggarakan masing-masing kegiatan.

Pemenang lomba tahfiz juz 30.

Usai prosesi wisuda dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Tahfiz juz 30 tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo.

pemenang lomba,lomba tahfizh,juz 30,foto bersama
Para pemenang Lomba Tahfiz juz 30 foto bersama Camat, kepala sekolah dan guru tahfiz. (matrapendidikan.com)

Pemenang Lomba Tahfiz tingkart SD adalah:
*Juara   I:.M.Zuhuri (SDN 08 Tigo Jangko),
*Juara II: Aisyah Nafiul C (SDN 10 Tigo Jangko)
*Juara III : Hilmiyah Zakiya (SDN 04 Buo).

Sedangkan Pemenang lomba Tahfiz tingkat SMP adalah:
*Juara   I: Putri Oktria Lusiana (SMPN 3 Lintau Buo)
*Juara  II: Izatul Jannah (SMPN 2 Lintau Buo)
*Juara III: Nessa Alifiah (SMPN 1 Lintau Buo)

Sementara itu Rocestry, S.Pd.I, M.Pd., Pembina Tahfiz sekaligus guru PAI SMPN 2 Lintau Buo berkomentar terhadap hasil yang diperoleh anak binaannya sedikit menurun.

"Memang hasil yang diraih anak tahun ini, menurun satu tingkat dari tahun kemarin namun hal itu dapat dimaklumi,pak." tutur guru jebolan Pascasarjana UNP ini.

Pawai kelililing

Rangkaian kegiatan wisuda tahfiz juz 30 siswa SD dan SAMP se-kecamatan Lintau Buo  diawali dengan Pawai Keliling atau arak-arakan calon wisudawan/wati diiringi dengan peserta lomba tahfiz, orangtua calon wisudawan/wati.

drumband smp,2 lb,meriahkan pawai,lomba tahfizh
Drumband SMPN 2 Lintau Buo, salah satu grup Drumband yang memeriahkan pawai keliling Lomba Tahfiz juz 30 siswa SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo (matrapendidikan.com)

“Hal ini bertujuan untuk menyemarakkan pelaksanaan kegiatan wisuda tahfids juz 30,” ujar salah seorang Pembina Drumband Elfianti, S.Sn. kepada admin matrapendidikan.com saat berbincang ringan disela-sela melepas pawai.
Dua grup Drumband yang ikut memeriahkan kegiatan pawai keliling tersebut, masing-masing drumband SMPN 1 Lintau Buo dengan guru pembina Nofrianti, S.Pd dan Drumband SMPN 2 Lintau Buo dibawah binaan Elfianti, S.Sn.***

0 Response to "Wisuda Tahfiz Juz 30 Berlangsung Meriah di Gedung Pertemuan Lintau Buo"

Posting Komentar