Jika Karakter Rasa Memiliki dan Tanggung Jawab Sudah Terbentuk dalam diri Pegurus Osis

Jika karakter rasa memiliki dan tanggung jawab sudah terbentuk dalam diri pengurus osis – Kesibukan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 memang telah usai. Namun kesibukan baru pasca PAS Ganjil tersebut segera datang. Itu dialami oleh Pengurus Osis SMPN 2 Lintau Buo. Kesibukan apa itu?

gotong royong,pengurus osis,karakter siswa
Pengurus Osis bergotong royong membersihkan fasilitas sekolah (foto:Rahid S/matrapendidikan.com)

Classmeeting! Ya, kegiatan classmeeting sudah menjadi kalender tetap di sekolah usai PAS ganjil maupun genap.  Menurut program kerja Osis, Classmeeting diadakan selama 2 hari, yaitu Kamis dan Jumat ( 21 dan 22 Desember). Sebelum itu, selama 2 hari berturut-turut diadakan gotong royong .

Ternyata, menghadapi kegiatan classmeeting tersebut, pengurus Osis menghadapi tugas berat. Bukan masalah fasilitas dan perlengkapan classmeeting melainkan lingkungan sekolah, benar-benar menyedihkan kebersihannya.

membenahi ruang,ruang osis,gotong royong
Ruang Osis yang sudah ditata degan rapi oleh pengurus Osis (foto: Rahid S/matrapendidikan.com)

Pasalnya, musim hujan berturut-turut sebelum ini benar-benar membuat warga sekolah tidak bisa membersihkan areal sekolah secara menyeluruh. Apalagi sekeliling taman dan belakang sekolah tergenang air dan lembab sehingga rumput dan sampah benar-benar tidak sedap dipandang mata.

Itu sebabnya, pihak sekolah mengambil kebijakan untuk gotong royong selama dua hari berturut-turut selesai PAS karena cuaca sudah mulai cerah..

Sementara itu, pengurus Osis menyaksikan 1 unit gedung yang terdiri dari ruang BK, Ruang UKS dan ruang Osis, kondisinya menyedihkan.  Unit gedung tersebut sudah menjadi bagian tugas dan tanggungjawab Osis untuk membenahinya.

Memang, jika organisasi berhasil menumbuhkembangkan karakter pengurusnya, terutama rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap fasilitas sekolah. Pengurus organisasi itu akan berusaha untuk mengambil sikap dan tindakan cepat.

Demikian juga dengan pengurus Osis SMPN 2 lintau Buo. Pengurus Osis dibawah koordinasi Jingga Mahesa Putri, Winda Maisa Putri, Radar Mustika dan lain-lainnya. Mereka mengambil inisiatif untuk gotong royong sore, membenahi ketiga ruang dalam 1 unit gedung sekolah tersebut.
Namun yang siap hari itu hanyalah ruang Osis, di dalam ruangan, taman dan samping ruangan. Selebihnya akan dibenahi berikutnya.

0 Response to "Jika Karakter Rasa Memiliki dan Tanggung Jawab Sudah Terbentuk dalam diri Pegurus Osis"

Posting Komentar