Direktur Pembinaan SMA Buka Kegiatan Expo PKWU SMAN 2 Lintau Buo

Direktur pembinaan sma buka Kegiatan expo pkwu sman 2 lintau buo – Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diwakili oleh Hani Khadijah, S.Si, M.Si. membuka secara resmi kegiatan Expo Pendidikan Kewirausahaan (PKWU) di SMAN 2 Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, Selasa (17/12).  

gunting pita,pembukaan expo,sman2,lintau buo,pkwu
Hani Khadijah, S.Si., M.Si. menggunting pita dalam pembukaan Expo Program PKWU di SMAN 2 Lintau Buo (foto: Rusman Y/matrapendidikan.com)

Pembukaan Expo PKWU di SMAN 2 ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Hani Khadijah, S.Si, M.Si. dilanjutkan dengan kunjungan ke setiap stand Expo PKWU. Stand Expo ini diikuti oleh 19 rombongan belajar SMAN 2 Lintau Buo, stand Expo Bank Nagari, SMKN 1 Lintau Buo, Sekolah Sentra Tenun dan AKA Tanah Datar.

Kegiatan pembukaan Expo PKWU ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat Wilayah IV, Drs. Asricun, M.M.Pd., Pengawas SMA, Kepala SMA/K dan SMP, Pembina Osis dan Pengurus Osis, Forkopimca Lintau Buo, Komite sekolah serta undangan lainnya.

kunjungan stand,expo pkwu,kacabdin,direktur psma
Hani Khadijah, S.Si., M.Si. didampingi Kacabdin Pendidikan Sumbar dan rombongan mengunjungi stand Expo PKWU (foto: matrapendidikan.com)

Dalam sambutan pembukaannya, Hani Khadijah, S.Si.,M.Si. merasa optimis dunia usaha akan berkembang dengan pesat melalui PKWU di SMA, termasuk SMAN 2 Lintau Buo.

“Jika program pendampingan PKWU ini hanya seratus juta, saya optimis hasilnya menjadi 2 M dalam waktu tidak terlalu lama,” ujarnya penuh semangat.

Direktur PSMA tersebut memberikan alasan optimismenya dimana program PKWU di SMA ini ditunjang oleh semangat wirausaha siswa, kearifan lokal berupa seni dan budaya, kerajinan tradisional  dan lembaga finansial yang ada di daerah ini.

hani khadijah,sambutan pembukaan,expo pkwu,sman 2,lintau buo
Direktur PSMA Kemendikbud diwakili Hani KHadijah, S.Si., M.Si. memberikan sambutan (foto :matrapendidikan.com)

Lebih jauh Hani Khadijah, S.Si., M.Si. mengatakan bahwa yang lebih mendasar lagi adalah bagaimana mendesain pemikiran (design thinking) untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur melalui pengkajian potensi, studi banding dan uji coba sehingga diperoleh hasil.

“Produk wirausaha membutuhkan proses tertentu sehingga menampakkan hasil secara nyata,” pungkas mbak Hani.

Program dari Direktorat PSMA ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian sehingga diharapkan lulusan SMA mampu bekerja di kantor, atau membuka usaha untuk lapangan kerja sendiri.

Mbak Hani Khadijah juga menginformasikan bahwa Direktorat Pembinaan SMA telah memberikan pembinaan kewirausahaan di 204 SMA yang tersebar di 34 provinsi sejak tahun 2016.

“SMAN 2 Lintau Buo termasuk salah satu sekolah dari 6 sekolah di Sumbar yang dibina melalui PKWU oleh Direktorat PSMA pada tahun 2019 ini,” katanya.

Perlu dukungan semua pihak

Kepala SMAN 2 Lintau Buo, Dra. Irda Suryani, MM. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur PSMA, Kacabdin Pendidikan Wilayah IV, Pengawas, majelis guru, siswa, komite sekolah, Bank Nagari serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Expo PKWU.

kepsek,irda suryani,sman 2,lintau buo,sambutan
Kepsek SMAN 2 Lintau BUo Dra. Irda Suryani, MM (foto: matrapendidikan.com)

“Sekolah ini memang berlokasi di wilayah pinggiran namun tidak bearti terpinggirkan karena telah menunjukkan prestasi. Sebelumnya sekolah ini menjadi terbaik dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat SLTA dan lolos ke Tingkat Nasional Tahun 2020,” tutur Dra. Irda Suryani, MM.

Berkaitan dengan keikutsertaan SMAN 2 Lintau Buo ke tingkat Nasional untuk LSS Tahun 2020, Dra. Irda Suryani, MM. mengharapkan dukungan dari semua pihak agar mendapat hasil yang terbaik.

Tumbuhkan jiwa wirausaha baru kembangkan produknya

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Wilayah IV menekankan betapa pentingnya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa SMA sehingga mereka dapat menghasilkan produk wirausaha tersebut.

kacabdin,wilayah 4,prov sumbar,jiwa wirausaha
Drs. Asricun, M.M.Pd. :"Tumbuhkan jiwa wirausaha lebih dulu." (foto: matrapendidikan.com)

“Yang ditanamkan terlebih dulu kepada siswa adalah jiwa kewirausahaan selain megenal produk wirausaha itu sendiri. Jika jiwa ini sudah ditumbuhkan maka akan muncul semangat untuk menciptakan produk yang memanfaatkan potensi lingkungan sekitarnya,” tutur Drs. Asricun, M.M.Pd.

Sementara itu Camat Lintau Buo, Drs. H. Agusril merasa bangga atas kreativitas masyarakat di wilayah administratif kerjanya, termasuk siswa dan guru di lembaga sekolah.yang telah membina siswa di SMAN 2 Lintau Buo untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga dapat memaerkan produk wirausaha tersebut di SMAN 2 Lintau Buo.


“Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam atas kreativitas siswa dibawah bimbingan kepala sekolah dan guru sehingga mampu menghasilkan produk seni, kerajinan, kuliner dan lain sebagainya yang dipamerkan melalui kegiatan Expo PKWU ini,” ujar Camat Lintau Buo.***

0 Response to "Direktur Pembinaan SMA Buka Kegiatan Expo PKWU SMAN 2 Lintau Buo"

Posting Komentar