Dua Ribuan Siswa Gelar Atraksi Talempong Massal di Istano Basa Pagaruyung

Dua ribuan siswa gelar atraksi talempong masal di istano basa pagaruyung – Hari ini telah diselenggarakan pertunjukan seni dan budaya Minangkabau, Talempong Massal di halaman Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Minggu (1/12).

festival seni budaya,pagaruyung,2019,talempong massal
Pertunjukan seni musik pukul talempong oleh siswa di halaman Istano Basa Pagaruyung (Efi/matrapendidikan.com0

Sekitar 2000-an anak sekolah dan guru pembimbing menjadikan areal Istano Basa Pagaruyung sebagai lautan manusia. Mereka memegang dan membunyikan musik tradisional pukul ini sehingga terdengar bunyi nada khas.

Seperti diinfokan salah seorang guru dan pelatih seni musik Lintau Buo, Elfianti, S.Sn. kepada matrapendidikan.com, tigaa jam sebelum artikel ini diturunkan, sekitar dua ribuan peserta dari siswa memadati halaman Istano Basa Pagaruyung untuk memainkan seni musik talempong.

Mulai dari pintu gerbang masuk sampai ke pelataran dan di bawah perindangan memainkan musik pukul dari Minangkabau ini. Ada yang berdiri, duduk dan berjalan sambil dua talempong pacik dipukul dengan stik yang terbuat dari kayu.

Talempong merupakan alat musik pukul tradisional Minangkabau. Dikatakan alat musik pukul karena dimainkan dengan cara dipukul dengan stik yang terbuat dari bahan kayu.

talempong pacik,seni musik,musik pukul,festival budaya,pagaruyung
Salah seorang siswa memainkan alat musik pukul Talempong dalam Festival Seni dan Budaya Minangkabau di Pagaruyung (efi/matrapendidiakn.com)

Kegiatan ini menjadi salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan dalam Festival Budaya Minangkabau Tahun 2019 yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar.

Festival Seni dan Budaya Minangkabau merupakan agenda tahunan Pemda Tanah Datar dan tahun 2019 ini berlangsung selama 5 hari, mulai 28 November sd 2 Desember.

Berdasarkan info yang diperoleh matrapendidikan.com dari berbagai sumber, Festival ini menmpilkan beragam seni dan budaya Minangkabau yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung.

Kegiatan atraksi seni dan budaya antara lain, Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Bajamba, Pemecahan rekor MURI minum kopi kawa daun, pameran benda pusaka, kirab raja-raja nasional, festival kopi, lomba Marandang jo Malamang, pagaruyung Ekspo, dan lain sebagainya.

0 Response to "Dua Ribuan Siswa Gelar Atraksi Talempong Massal di Istano Basa Pagaruyung"

Posting Komentar