Memaknai Peringatan Hari Ibu Tahun 2019

Memaknai peringatan hari ibu tahun 2019 – Hari ini Minggu, 22 Desember 2019. Wanita Indonesia sudah mengingatnya kalau 22 Desember ini adalah Hari Ibu. Dan, tahun 2019 ini merupakan Peringatan Hari Ibu (PHI) yang ke- 91 dengan tema, Perempuan Berdaya Indonesia Maju.


arti,makna,hari ibu

Upacara PHI Tahun 2019 ini sudah diselenggarakan secara nasional bersamaan dengan Hari Bela Negara (HBN) dan Hari Kesetiakawanan Sosisl Indonesia (HKSI) beberapa waktu lalu.

Apa makna peringatan Hari ibu bagi anda? 

Pasti, setiap orang akan memaknai PHI dalam sudut pandang yang berbeda. Namun pada hakikatnya pandangan itu akan menuju suatu titik makna yang sama, yaitu perempuan yang berdaya Indonesia maju. 

PHI sebagai Hari Besar Nasional dicetuskan dalam Kongres Perempaun ke- 3 di Bandung pada tanggal 22 Desember 1938. Kemudian PHI diperingati setiap tahun melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959 Tentang Hari Ibu.

Belajar dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, peranan ibu cukup besar dalam mendorong semangat bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan. Hal itu kita baca dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali dengan Kongres Perempuan Indonesia Pertama di Yogyakarta, 22 Desember 91 tahun silam.

Dalam Kongres Perempuan tahun 1928 tersebut dibahas perjuangan hak perempuan dalam perkawinan, pendidikan serta melawan perkawinan dini dan poligami.

PHI setiap tahun bertujuan untuk mengingatkan generasi muda bahwa Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa. Ibu telah mendorong timbulnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan Indonesia merdeka. 

Di zaman sekarang, pemberdayaan perempuan telah meningkatkan peran seorang ibu menjadi lebih laus. Ibu memperoleh akses dan kesempatan yang sama dengan kaum pria dalam segala bidang pembangunan untuk mewujudkan Indonesia maju.

Dalam unit terkeci keluarga, peranan seorang Ibu lebih penting lagi teruytama dalam proses pendidikan anak. Ibu memiliki landasan yang kuat untuk menumbuhkembangkan karakter anak sejak dini.

Ibu masa kini diharapkan tidak hanya melahirkan anak-anak. Lebih dari itu adalah menyiapkan generasi berikutnya yang tangguh dan hebat terutama dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman di era milennial..
Lihat juga : Peranan Ibu Ciptakan Generasi Hebat
Peringatan Hari Ibu sesungguhnya tidak untuk mewujudkan ambisi untuk mendominasi apalagi menggantikan peranan kaum ayah. Dalam keluarga, Ibu tetaplah seorang ibu. Apapun jabatan dan profesi seorang ibu di luar sana, di lingkungan keluarga kembali menjadi seorang ibu dari anak-anaknya, istri dari suaminya. Ini perlu dipahami dan tertanam dalam jiwa seorang ibu sepanjang masa.

Selamat Hari Ibu yang ke- 91

0 Response to "Memaknai Peringatan Hari Ibu Tahun 2019"

Posting Komentar