Siswa Kreatif Ciptakan Kondisi Belajar Nyaman Seacara Mandiri di Rumah

Siswa kreatif akan ciptakan kondisi belajar nyaman secara mandiri di rumah – Siswa yang kreatif tidak akan mengutuki kondisi di lingkugan keluarganya yang kurang mendukung untuk belajar dengan baik di rumah. Justru mereka dapat berpikir dan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan secara mandiri. 

kreatif,ciptakan,lingkugan belajar, nyaman,menyenangkan
Ilustrasi belajar menyenangkan (pexels.com)

Sekadar ilustrasi, zaman dulu anak sekolah dapat belajar sambil gembala ternak atau hewan piaraan seperti sapi, kambing atau kerbau. Ketika disuruh orangtua menghalau burung di sawah, anak sekolah dapat belajar di dangau sambil menghalau burung.

Ketika kondisi tidak mendukung untuk belajar di rumah, misalnya karena tidak memiliki meja dan ruang belajar, atau kondisi selalu bising dalam rumah. Ada adik kecil yang suka menganggu. Anak sekolah secara mandiri mencoba untuk belajar di luar rumah.

Artikel ini tidak bermaksud menyuruh anak sekolah zaman milennial meniru cara belajar anak-anak zaman dulu. Namun demikian kiranya cara tersebut pantas untuk diadopsi oleh anak sekolah sekarang.

Misalnya, di dalam rumah kondisi terlalu bising. Tidak memungkinkan untuk belajar dalam rumah. Oleh sebab itu anak sekolah mengambil inisiatif membuat pelataran di bawah pohon yang ada di depan, samping bahkan belakang rumah, misalnya.

Bahkan dapat juga membuat semacam rumah pohon sederhana sehingga dapat duduk dan bersandar untuk membaca atau menulis. Tentu saja belajar di atas rumah pohon akan terasa nyaman.

Hal ini mungkin memerlukan bantuan orangtua atau saudara untuk membuat rumah pohon mini agar dapat digunakan untuk belajar.

Jika ada adik kecil yang suka mengganggu dan meribut di rumah, anak sekolah yang kreatif tidak memarahi adiknya. Sebaliknya mencari alternatif belajar yang tidak mungkin diganggu oleh adiknya. Mencari tempat belajar yang jauh dari rumahnya.

Oleh sebab itu tidak ada alasan untuk tidak belajar bagi siswa kreatif dan mandiri. Tidak punya meja belajar di rumah. Atau takut diganggu adik kecil, suasana bising di rumah. Mereka mencari inisiatif belajar di luar rumah.

0 Response to "Siswa Kreatif Ciptakan Kondisi Belajar Nyaman Seacara Mandiri di Rumah"

Posting Komentar