Tamatan SMA Berpeluang Ciptakan Lapangan Kerja Jika Tidak Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Tamatan sma berpeluang ciptakan lapangan kerja jika tidak melanjutkan ke perguruan tinggi -  Dulu ada anggapan sebagian orangtua dan siswa, SMA itu sekolah jangka panjang. Lulusan SMA harus melanjutkan ke perguruan tinggi karena belum siap dengan keahlian untuk memasuki dunia kerja.

Perkembangan dunia pendidikan berikutnya menunjukkan bahwa pendidikan di SMA sudah mulai mengarah untuk membekali siswa dengan keterampilan dan keahlian khusus.

Hal ini dapat dilihat dengan adanya Program Kewirausahaan di sekolah menengah umum tersebut yang dimulai sejak tahun 2016 lalu.

Melalui PKWU, tamatan SMA juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja sendiri dengan dilandasi jiwa kewirausahaan.

Selain itu lulusan SMA dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitasnya untuk menciptakan produk wirausaha lokal.

Hani Khadijah SSi, MSi dari Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Dra. Irda Suryani MM telah mengisyaratkan hal tersebut saat pembukaan Expo Program Kewirausahaan (PKWU) Tahun 2019 di SMAN 2 Lintau Buo.

Menurut Hani Khadijah SSi, MSi lulusan SMA bisa saja bekerja di kantor sendiri, membuka lapangan kerja sendiri tanpa harus berorientasi untuk menjadi pegawai negeri karena siswa sudah memiliki bekal jiwa dan ilmu kewirausahaan.

Senada dengan itu Dra. Irda Suryani MM, Kepala SMAN 2 Lintau Buo mengatakan, jika telah tamat dari SMA ini, siswa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi maka siswa sudah memiliki ilmu kewirausahaan untuk menciptakan produk yang berkualitas.

Kegiatan Expo PKWU yang diselenggarakan sehari di SMAN 2 Lintau Buo tersebut menggelar bazar dari produk unggulan karya siswa.
Lihat juga : Direktur Pembinaan SMA Buka Kegiatan Expo PKWU SMAN 2 Lintau Buo
Tentu saja, tidak semata program kewirausahaan yang dikembangkan di SMA, program lainnya seperti penemuan teknologi sederhana dan tepat guna, penerapan media teknologi dan informasi dan lain sebagainya akan mendukung upaya menciptakan lapangan usaha dan kerja melalui pendidikan di jenjang SMA.***