Tips Mempersiapkan Diri Hadapi Semester Baru Pasca Pergantian Tahun

Tips mempersiapkan diri hadapi semester baru pasca pergantian tahun – Tahun 2019 sudah berada di ambang pintu. Dalam hitungan jam dari sekarang, tahun baru 2020 pun datang menyambut. Berkaitan dengan penyambutan tahun baru, pemerintah telah menghmbau agar melakukan kegiatan yang bermanfaat. Sebaliknya menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri.

pergantian tahun,semester baru,tips mempersiapkan
Ilustrasi pergantian tahun dan semster baru (pexels.com)

Setelah (pasca) pergantian tahun baru, semester genap pun akan dimulai. Ada yang memulai Hari Pertama Sekolah (HPS) Kamis, 2 Januari 2020. 

Bagi guru dan murid sudah harus mempersiapkan diri menghadapi semester baru tersebut. Apa yang perlu dilakukan dalam menyiapkan diri dalam menghadapi semester baru?

Berikut tips sederhana menghadapi semester genap Tahun pelajaran 2019/2020.

1.Bangun resolusi untuk semester baru.

Resolusi dalam arti sederhana adalah keinginan yang akan dicapai dan diusahakan untuk mewujudnya. Untuk semester genap misalnya, siswa ingin belajar lebih baik untuk memperoleh prestasi belajar yang bagus.

Sementara untuk guru, misalnya ingin tampil mengajar lebih baik. Penuh semangat, lancar, menguasai kelas dan efektif dalam mengajar. 

2.Persiapkan tugas dari sekarang

Siswa mungkin diberi tugas oleh guru untuk menulis karangan tentang pengalaman libur. Dan itu dikumpul setelah sekolah kembali pada semester baru. Apakah tugas itu sudah dikerjakan dan disiapkan siswa? Sebaiknya jangan ditunda lagi.

Orangtua murid perlu ikut serta dalam menyiapkan diri siswa untuk menghadapi semester baru pasca pergantian tahun. Ini bertujuan agar anak benar-benar siap belajar menghadapi semester baru.

Bagi guru, tugas yang sudah menghadang bukan hanya untuk siap mengajar di dalam kelas. Yang selalu mendesak adalah persiapan perangkat mengajar. Jika selama libur tidak dapat membenahi segala perangkat mengajar, mungkin sekarang ini masih ada kesempatan untuk menyiapkannya.

Tetapi bagi yang sudah menyiapkan perangkat mengajar sebelum dan selama libur, perlu kembali menelaah semua perangkat tersebut. Seperti diketahui, rencana persiapan pembelajaran (RPP) sudah ada yang terbaru.

RPP terbaru ini lebih praktis dan simpel karena mirip dengan skenario pembelajaran yang pernah marak sebelum ini. Kenapa kenario pembelajaran? Karena hanya memuat struktur penting sebuah RPP, seperti bagian pendahuluan, kegiatan inti dan asesmen dimana jika diprint-out hanya selembar kertas.

3.Tidak menyambut tahun baru secara berlebihan

Guru sudah mengetahui apa yang akan dilakukan dalam menyambut tahun baru. Namun sebagian siswa mungkin masih berkeinginan menyambut tahun baru dengan meriah.

Pergantian tahun baru kali ini akan diwarnai dengan musim hujan yang berkepanjangan semenjak bulan November lalu. Mungkin lebih baik siswa tidak terlalu sering ke luar rumah kecuali ada keperluan mendadak dan penting. Ini demi menjaga kesehatan agar tidak bermasalah ketika memulai HPS.***

0 Response to "Tips Mempersiapkan Diri Hadapi Semester Baru Pasca Pergantian Tahun"

Posting Komentar