Waspada! Ular Tanah Juga Kerap Muncul di Musim Hujan

Waspada! Ular tanah juga kerap muncul di musim hujan -  Seekor anak ular ditemukan sedang bergerak melata di teras koridor Labor IPA yang berlantai semen oleh salah seorang guru usai mengawas ujian semester. Kebetulan posko ujian semester SMPN 2 Lintau Buo berada di ruang Labor IPA.

ular tanah,musim menetas,musim hujan,matra pendidikan
Ular tanah juga kerap muncul di musim penghujan (foto:matrapendidikan.com)

Wirda Nengsih, S.Pd., guru yang pertama kali melihat kemunculan anak ular tersebut memanggil admin matrapendidikan.com.

Semula admin mengira ular tersebut ular kobra, mengingat maraknya pemberitaan di media internet tentang penemuan ular kobra di kota-kota belakangan ini. Sesampai di lokasi penemuan, spontan merongoh kantong celana mengeluarkan android dan memotret anak ular tersebut.

Setelah diamati, ternyata bukanlah anak ular kobra melainkan seekor anak ular tanah (Calloselasma rhodostoma). Kepalanya menyerupai segitiga, moncong meruncing, berwarna cokelat gelap. Ada sepasang pita keputihan di atas mata.

Memang sejak beberapa hari terakhir sering turun hujan. Halaman sekolah yang luas selalu basah. Areal sekolah banyak ditumbuhi tumbuhan pelindung. Daun-daun tumbuhan yang berguguran menutupi permukaan tanah, termasuk di sekitar labor IPA. 

Kondisi ini memang menjadi media kemunculan ular tanah. Anak ular akan mencari tempat kering. Selain itu, musim penghujan adalah musim menetasnya telur-telur ular. Oleh sebab itu kemunculan anak ular tanah di musim penghujan, siang maupun malam hari adalah fenomena alamiah.

Ular tanah juga kerap masuk ke rumah saat musim hujan sehingga harus diwaspadai Meskipun ular tanah, tetap diwaspadai karena gigitan ular ini bisa mengakibatkan disfungsi organ bahkan kematian.

0 Response to "Waspada! Ular Tanah Juga Kerap Muncul di Musim Hujan"

Posting Komentar