Waspada Menghadapi Ujian Semester di Musim Hujan

Waspada menghadapi ujian semester di musim hujan – Musim penghujan sudah berlangsung sejak akhir November lalu, terutama di wilayah Indonesia bagian barat.  Sampai minggu kedua bulan Desember ini, belum ada tanda-tanda musim hujan akan berakhir. Sementara di Indonesia bagian timur, justru kita mendengar terjadi musim kemarau.

belajar di rumah,ujian semester,musim hujan
Ilustrasi belajar mempersiapkanujian semester (pexels.com)

Dalam Kalender Pendidikan sekolah, minggu pertama atau kedua Desember akan berlangsung ujian semester ganjil tahun peljaran 2019/2020 di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Tentunya siswa perlu waspada terhadap cuaca yang akan berpengaruh pada kondisi fisik dan psikisnya. Siswa tidak hanya akan menghadapi soal-soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil. 

Kondisi cuaca akan menjadi tantangan yang tidak ringan bagi siswa yang menghadapi ujian tersebut.

Tantangan bagi siswa tidak hanya persoalan kemungkinan datang terlambat ke sekolah untuk mengikuti ujian. Kondisi musim penghujan memungkinkan munculnya penyakit, seperti flu dan pilek. 

Hal ini akan mengganggu konsenstrasi siswa belajar di rumah maupun saat menghadapi ujian di sekolah.

Menghadapi kemungkinan ini, siswa perlu waspada agar menjaga kondisi fisik dan psikis sehingga tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi cuaca.

Yang perlu dilakukan oleh siswa untuk mengantisipasi gangguan fisik adalah mengurangi aktivitas di luar rumah di saat hujan turun. Sebaliknya berdiam diri di rumah sambil belajar.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang agar kondisi tubuh tetap prima. Kekebalan tubuh akan terjaga dari gangguan flu dan pilek yang sering mengganggu konsentrasi belajar maupun ujian.

Tentunya, tidak diinginkan siswa mencari alasan musim hujan sehingga mengurangi aktivitas belajar di rumah dalam menghadapi ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ini.

0 Response to "Waspada Menghadapi Ujian Semester di Musim Hujan"

Posting Komentar