Dibalik Motto 'Iyo Dek Ondak Iyo' Turnamen Sepak Bola Nagari Taluk FC Cup II 2019/2020

Dibalik motto 'iyo dek ondak iyo' turnamen sepak bola nagari taluk fc cup ii 2019/2020 – Salut pada semangat dan kemauan pemuda Nagari Taluk Lintau Buo Kab. Tanah Datar, Sumbar. Kenapa tidak? Para pemuda memiliki semangat tinggi dan kemauan keras untuk  menyelenggarakan sebuah turnamen besar sepak bola.

spanduk turnamen,nagari taluk,nagari taluk fc cup,2019-2020
Motto "Iyo Dek Ondak Iyo" pada spanduk Turnamen Sepak Bola Nagari Taluk FC Cup II 2019/2020 (foto: matrapendidikan.com)

Hal itu terungkap dalam motto yang ditulis pada spanduk Turnamen Sepak Bola Nagari Taluk FC Cup II  2019/2020, “Iyo Dek Ondak Iyo”.

Memang, jika moto itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan terasa janggal, Iyo Dek Ondak Iyo diterjemahkan, Iya karena tidak iya.

Akan tetapi logat bahasa Minang khas Nagari Taluk sehari-hari, motto tersebut lebih kurang berarti, iya benar karena ingin banget. Suatu ungkapan penegasan tentang semangat dan kemauan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola di Nagari Taluk.

Apa latarbelakangnya?

Kondisi ekonomi masyarakat memang kurang menguntungkan apalagi di tengah musim penghujan yang melanda nagari. Meskipun demikian para pemuda tidak ingin turnamen yang sudah berjalan 10 tahun itu terhenti begitu saja tahun ini.

Bagaimana pun turnamen sepak bola untuk yang ke 11 kalinya ini harus terselenggara. Seperti yang diungkapkan Didi Kurnia, salah seorang tokoh sepak bola Nagari Taluk yang juga menejer PCC Taluk FC. Motto ini terlahir ketika musyawarah awal untuk mengadakan lanjutan turnamen Nagari Taluk FC cup I tahun 2018 lalu.

“Kondisi ekonomi saat ini kurang menguntungkan namun kemauan dan semangat untuk mengadakan turnamen cukup tinggi. Iyo Dek Ondak Iyo, rencana para pemuda ternyata mendapat dukungan penuh dari tokoh sepak bola serta pemerintahan Nagari Taluk,” tutur Didi Kurnia kepada admin matrapendidikan.com

Dalam musyawarah yang diselenggarakan sebelum turnamen, para pemuda rela untuk bekerja keras dan bahu-membahu untuk menyelebnggarakan kembali turnamen sepak bola seperti tahun-tahun sebelumnya..

Yo dek ondak iyo, akhirnya mulai terwujud setelah membentuk struktur kepepanitiaan kompetisi Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020. Kemudian panitia berhasil menyusun proposal kegiatan dn menyebarkannnya kepada para donatur dan pihak sponsor.

Pada mulanya turnamen sepak bola di Nagari Taluk bernama PCC Lintau Cup. Namun sejak penyelenggaraan turnamen ke X tahun 2018 berganti nama menjadi Turnamen Nagari Taluk FC Cup.

Perubahan nama kompetisi ini terjadi karena pemuda ingin melibatkan seluruh komponen masyarakat dan pemerintahan Nagari Taluk. Selain itu juga melibatkan donatur dan sponsor yang luas.

Kompetisi Nagari Taluk FC Cup I diselenggarakan Tahun 2018, bertepatan dengan Ulang Tahun PCC Taluk FC.Kemudian Kompetisi Nagari Taluk FC Cup diselenggarakan di akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 sehingga disebut Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020.

Kompetisi sebesar Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020, memang dapat terlaksana. Iyo Dek Ondak Iyo, sampai sekarang kompetisi ini sudah menyelesaikan babak semifinal dan menunggu partai grand final yang digelar Jumat 24 Januari 2020 mendatang..

Kompetisi Nagari Taluk FC Cup II 2019-2020 ini terselenggara berkat kerja sama dengan donatur seperti anggota DPRD Tk II Tanah Datar Asrul Jusan, anggota DPRD Tk. I Sumbar Jefri Masrul, SE. Kemudian pihak sponsor dari Libra Motor, Wijaya Karya dan sponsor lainnya.

Ada pun Panitia Turnamen Sepak Bola Nagari Taluk FC Cup II 2019/2020 sebagai berikut:

Pelindung  :          Wali Nagri Taluk
Pembina               Efend Chaniago, Edi Sugianto, Tokoh Sepak Bola Nagari Taluk, 
Ketua                 :   Dean Jefri Thomas
Wakil Ketua      :   Ridwan Sae
Sekretaris           : Niko Septiadi
Bendahahara     : Gunawan S.
Koordinator acara : Fauzi MasBro

Seksi-seksi:
1.Dana               : Zaki, Aci, Adit, Faisal, Iin
2.Perlengkapan: Afdhal, Igo Saputra, Arif, Deo
3.Seksi acara    : Zidan, Al Ghifari, Syahdan
4.Seksi konsumsi : Nanang, Riski, Mulyadi, Fazel
5.Seksi dokumentasi: Fauzi Brekele, Aris
6.Seksi keamanan : Bobby, Dana, Ari, Roby, Valdo Janika, pemuda nagari Taluk, Linmas Nagari taluk, Polsek Lintau Buo, Danramil Lintau Buo.

0 Response to "Dibalik Motto 'Iyo Dek Ondak Iyo' Turnamen Sepak Bola Nagari Taluk FC Cup II 2019/2020"

Posting Komentar