Jenis dan Sifat Serta Cara Membuat Magnet

Jenis dan sifat serta cara membuat magnet – Artikel ini adalah bagian pertama rangkuman materi pelajaran pada konsep Kemagnetan dan Pemanfaatannya. Disajikan untuk siswa namun tidak tertutup kemungkinan menjadi bahan referensi bagi guru dalam mengajar.

cara,membuat,magnet
Salah satu cara membuat magnet (matrapendidikan.com)

Tujuan pembelajaran dengan materi jenis, sifat dan cara membuat magnet adalah agar siswa mengetahui jenis magnet, memahami sifat-sifat magnet dan menjelaskan cara membuat magnet.

Secara umum magnet adalah benda (logam) yang dapat menarik atau menolak benda lain yang juga terbuat dari logam, seperti besi (ferum), cobalt (Co), nikel (Ni) atau campuran ketiga bahan tersebut.

Magnet memiliki dua ujung yang lazim disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Daya tarik terbesar magnet berada pada ketua kutubnya.

1.Jenis magnet

Menurut asalnya, magnet terbagi 2 yaitu magnet alam dan magnet batang. Magnet alam adalah magnet yang sudah tersedia di alam. Sedangkan magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia.

Berdasarkan sifatnya, magnet terbagi atas magnet sementara dan magnet tetap (permanen). Magnet sementara adalah magnet buatan yang sifat kemagnetannya sementara. Sedangkan magnet permanen adalah magnet alam maupin buatan yang sifat kemagnetannya tetap.

2.Sifat-sifat magnet

a.Gaya tarik atau tolak terkuat berada pada kedua ujung magnaet (kutub magnet)
b.Kutub yang senama akan tolak menolak
c.Kutub berlainan namaakan tarikmenarik
d.Magnet terdiri dari magnet-magnet elementer yang susunannya teratur dan terarh.

3.Cara membuat magnet

Membuat magnet adalah menjadikan sebuah benda logam yang memiliki sifat kemagnetan. 

Ada 3 cara membuat magnet

a.Menggosok dengan magnet
Benda yang akan dijadikan bersifat magnet digosok dengan magnet secara searah dan teratur.

Bagaimana cara menentukan kutub magnet yang terbentuk? 
Simak disini: Cara Menentukan Kutub Magnet Bahan

b.Cara induksi
Induksi adalah cara membuat magnet dengan mendekatkan suatu benda dengan sebuah magnet. Mendekatkan magnet dengan bahan akan membantu mengatur susunan magnet elemter bahan. Namun sifat magnet yang terbentuk hanyalah sementara. 
c.Dialiri arus listrik searah
Benda yang dijadikan magnet dialiri arus seah (DC). Misalnya sebuah paku dijadikan memiliki sifat magnet dililit dengan kawat serta dialiri arus listrik searah seperti baterai dan akumulator.
Lihat selengkapnya : 3 Cara Membuat Magnet Sementara
Demikianlah pokok-pokok materi jenis dan sifat serta cara membuat magnet.

0 Response to "Jenis dan Sifat Serta Cara Membuat Magnet"

Posting Komentar