7 Kota di Jerman yang Terbaik untuk Para Ekspatriat

7 Kota di jerman yang terbaik untuk para ekspatriat - Negara Jerman merupakan negara maju yang ekonominya terbesar di Uni Eropa dan terbesar ke- 4 di dunia setelah Amerika Serikat, Jepang dan Tiongkok.

kota berlin,kota jerman,kota terbaik,para ekspatriat
Berlin salah satu kota di Jerman untuk para ekspatriat (pixabay.com)

Di antara banyaknya kota-kota di Jerman, tahukah kamu kota mana yang terbaik untuk para ekspatriat tinggal dan bekerja? Dan ada banyak jenis pekerjaan yang bisa Kamu dapatkan di Jerman seperti mengikuti ausbildung, aupair sampai FSJ Jerman.

Kota-kota di Jerman untuk Para Ekspatriat
Lalu, apakah Anda tahu kota-kota di Jerman manakah yang terbaik untuk para ekspatriat untuk tinggal? Jika belum mengetahuinya mari simak artikel ini sampai tuntas.

1. Berlin

Berlin adalah ibu kota negara Jerman yang juga menjadi kota terbesar di Jerman. Ada banyak perusahaan global yang memiliki kantor di Berlin, diantaranya yaitu Volkswagen, SAP, dan Pfizer. Sektorindustri IT dan internet sedang berkembang di kota kreatif Berlin.

Tentunya dengan peluang tersebut, ada banyak pekerjaan dalam sains dan teknologi yang tersedia. Berlin juga menjadi rumah bagi populasi ekspatriat terbesar dari berbagai negara yang berbeda, termasuk AS, Turki, dan Italia.

2. Munich

Munich merupakan kota terbesar ke-3 di Jerman yang populasinya mencapai sekitar 1,5 juta penduduk. Sekitar 37,7% populasi yang ada di Munich berasal dari negara yang  berbeda. Munich menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan besar yang ada di Jerman, di antaranya Siemens, MunichRE, BMW, MAN, Linde, dan Allianz.

Selain itu, Dengan keberadaan sejumlah perusahaan-perusahaan yang ada di Munich, menjadikan Munich salah satu kota yang memiliki kondisi perekonomian terbaik dan standar hidup yang tinggi.

3. Frankfurt

Frankfurt merupakan kota perbankan dan real estate di Jerman. Banyak lembaga keuangan memiliki kantor pusat di kota Frankfurt ini termasuk, Bursa Efek Frankfurt, Bank Sentral Eropa, Bank Federal Jerman dan Deutsche Bank.

Penduduk muda di kota ini punya peluang kerja yang baik, terutama bagi mereka yang mencari pekerjaan di sektor keuangan dan perbankan. Selain itu, sektor pendidikan juga berkembang pesat di kota ini. Dengan PDB perkapita yang melebihi 80.000 Euro , Frankfurt menjadi kota paling produktif ke-3 di Jerman.

4. Leipzig

Selain kota Berlin, Leipzig adalah satu-satunya kota di Jerman Timur yang berhasil masuk keposisi 10 besar kota terbaik di Jerman. Kota ini menjadi rumah resmi musik klasik dan komponis terkemuka seperti Mendelsohn, Bach, dan Wagner yang telah tinggal di sana.

Selain kaya akan sejarah, Leipzig menjadi kota yang terbaik bagi para ekspatriat karena biaya sewa rumah yang murah serta peningkatan kesempatan kerja. Perusahaan besar yakni BMW, DHL, dan Porsche adalah perusahaan yang telah meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan di Leipzig sebanyak 20 persen.

5. Stuttgart

Stuttgart merupakan ibu kota negara bagian Baden-Württemberg yang menempati poisisi kelima sebagai kota paling sukses di Jerman. Stuttgart penuh dengan pekerjaan industri teknologi tinggi, kota ini memiliki kepadatan tertinggi organisasi ilmiah, akademik, dan penelitian di seluruh Jerman.

Stuttgart disebut sebagai kota paling kreatif di Jerman karena memiliki jumlah aplikasi paten melebihi 1300 buah di setiap 100.000 orang jumlah penduduk. Perusahaan terkemuka yang ada di Stuttgart adalah Mercedes, Porsche dan perusahaan elektronik raksasa Bosch.

6. Ingolstadt

Ingolstadt merupakan kota yang terkenal dengan perusahaan pembuat mobil AUDI. Kota ini Ingolstadt memiliki struktur ekonomi yang sehat dan menjadi kota Jerman dengan tingkat pengangguran terendah. Bekerja di Ingolstadt bisa mendapat gaji sekitar 50.000 Euro per tahun.Jumlah gaji tersebut berada di atas rata-rata pendapatan orang di Jerman.

Selain itu, Ingolstadt juga merupakan kota universitas yang disegani dan memiliki banyak ruang komersial. Pusat kota tua bersejarah yang mengesankan dan tamankota yang luas berkontribusi pada kualitas hidup yang menyenangkan.

7. Hamburg

Hamburg merupakan kota terbesar ke- 2 di Jerman. Selain menjadi rumah bagi banyak tim olahraga profesional, Hamburg adalah kota perbankan yang besar. Kota ini merupakan favorit bagi ekspatriat yang mencari pekerjaan di bidang keuangan. Hamburg memiliki pelabuhan ke- 3 terbesar di Eropa, yang menjadikannya sumber banyak peluang pekerjaan logistik.

1 Response to "7 Kota di Jerman yang Terbaik untuk Para Ekspatriat"

  1. Tinggal di negara lain harus mempertimbangkan kota mana yang akan kita tempati. Dengan memilih ibu kota atau setidaknya kota besar maka peluang pekerjaan dan fasilitas hidup akan lebih mudah didapat.

    BalasHapus