Kutub-kutub Kemagnetan Bumi

Kutub-kutub kemagnetan bumi – Sebelumnya sudah dibahas tentang sifat magnet dan cara membuat magnet pada Konsep Kemagnetan dan Pemanfaatannya. Nah, kali ini dilanjutkan dengan materi kemagnetan bumi. Apakah anda sudah membaca materi tersebut?

kemagnetan bumi,kutub bumi,utara-selatan
Kemagnetan bumi (slideshare.net)

Kalau belum, ada baiknya anda baca dulu melalui link berikut ini! Jenis dan Sifat Serta Cara Membuat Magnet

Atau anda kunjungi link tersebut setelah menyelesaikan membaca bahasan tentang kemagnetan bumi ini.

Pembelajaran kemagnetan bumi bertujuan untuk memahahami sehingga siswa dapat menjelaskan kutub-kutub kemagnetan bumi, kemudian dihubungkan dengan arah kutub-kutub magnet jarum kompas.

Kenyataannya, jarum kompas selalu menunjuk arah utara (U) dan selatan (S) dan membentuk penyimpangan sudut.. Kenapa demikian?

Jika diperhatikan gambar atau potret bumi ternyata bunmi tidak bulat seperti halnya bola. Bola benar-benar bulat sehingga tidak dapat diketahui mana kutubmya. Akan tetapi bumi memiliki dua kutub. Hal ini karena bumi berbentuk bulat dan pepat dikedua kutubnya.

Bumi merupakan sebuah magnet besar. Menurut teori William Gilbert, bumi bersifat magnet disebabkan oleh inti bumi memiliki batuan yang besifat magnet.

deklinasi,inklinasi,sudut penyimpangan,kutub kompas
Sudut deklinasi dan inklinasi (images.app.go.gl)

Kutub utara dan selatan bumi berlawanan dengan arah kutub utara dan selatan jarum kompas. Kutub utara jarum kompas berada di kutub selatan bumi secara geografis.

Kutub-kutub kemagnetan bumi akan mempengaruhi arah jarum kompas. Kenyataannya, kutub utara magnet ternyata menyimpang dan membentuk sudut. Sudut ini dikenal dengan istilah sudut deklinasi.

Jadi, deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan arah Utara dan Selatan geografis. Sedangkan inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan bidang datar.
Lihat juga : Materi Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester Genap
Demikianlah ringkasan materi Kutub-kutub kemagnetan bumi.

0 Response to "Kutub-kutub Kemagnetan Bumi"

Posting Komentar