Sekilas 'Talago Angui' dalam Lirik Lagu Zon Marollint

Sekilas 'talago angui' dalam lirik lagu zon marollint – Dalam waktu dekat, Album perdana ‘Bancano Solok Selatan’ dari penyanyi pendatang baru dalam kancah lagu Minang, Zon Marollint feat Delli Syofia, akan diedarkan ke pasaran. Hal itu disampaikan langsung Zon Marollint kepada admin matrapendidikan.com di kediamannya, Simpang Kulit Manis, Nagari Taluk, Lintau Buo Kab.Tanah Datar, Sumbar beberapa waktu lalu.

lirik lagu,talago angui,pesan moral,spiritual
Cover Album Bancano Solok Selatan, Zon Marollint feat Delli Syofia (foto:marolint production/matrapendidikan.com)

“Insya Allah akhir bulan Januari atau awal Februari 2020 ini sudah siap untuk diedarkan, pak.” tutur Zon Marollint dalam bincang-bincang ringan di ‘Amelya Café’ miliknya sendiri.
Yang menarik untuk ditelaah pada kesempatan ini adalah ‘Talago Angui’, salah satu judul lagu dalam album VCD Minang Standard ‘Bancano Solok Selatan’ tersebut.

Lirik lagu ‘Talago Angui’ ditulis sendiri oleh Zon Marollint. Putra asli Solok Selatan yang menjadi ‘rang sumando Nagari Taluak Lintau Lintau Buo ini, berdomisili tidak jauh dari objek wisata Talago Anguih.

Objek wisata yang baru diresmikan pertengahan tahun 2019 lalu itu telah membangkitkan inspirasinya untuk menulis lirik lagu. 
Simak juga : Panorama Jelang Senja yang Menawan di Talago Anguih
Dalam lagu ‘Talago Angui’ Zon Marollint menyampaikan pesan moral spiritual kepada generasi muda agar tidak menggunakan barang dan zat terlarang, seperti n*rk*ba.

Lirik lagu yang ditulis Zon Marollint menyerupai pantun, salah satu bentuk puisi lama yang terikat. Lirik lagu ‘Talago Angui’ terdiri dari 4 bait. Setiap baitnya terdiri dari 4 baris dan bersajak a,b,a,b.

Dua baris awal setiap baitnya merupakan sampiran dan dua baris lagi adalah isi pesan moral spiritual, seperti contoh bait pertama lagu ‘Talago Angui’.

Mandaki jalan ka Puncak Pato
Basimpang jalan di Balai Tangah
Hiduik nan indak mambaleh guno
Alamat ka sampik alam nan leba

Setiap sampiran bait-bait “Talago Angui’ mengunakan tempat wisata atau lokasi di wilayah IX Koto. Pada contoh bait pertama lirik lagu tersebut, sampirannya menyebut nama tempat wisata Puncak Pato dan lokasi Balai Tangah.

Bait berikutnya akan menggunakan tempat atau lokasi seperti Tigo Jangko, Simpang Tugu Kulit Manis, Palak Koto, Simpang Tiga Sitangkai.

Lirik lagu yang menyerupai pantun sangat mudah untuk diingat dan enak di telinga jika dinyanyikan. 

Anda mungkin ingat dengan lagu-lagu jenis pantun ini, seperti Dindin Badindin (Tiar Ramon/Eli Kasim), Pantun Cinta (Rita Sugiarto) dan masih banyak yang lainnya..


Selain Puncak Pato dan Balai Tangah, juga diambil tempat lain sebagai sampiran yaitu Sentra Tenun Tigo Jangko, Simpang Tugu Kulit Manis, Palak Koto Talago Anguih dan Simpang Tiga Sitangkai.

Video Clip Lagu ‘Talago Angui’ umumnya mengambil tempat yang disebutkan dalam lirik lagu tersebut. Simak saja selengkapnya di bawah ini!

Mandaki jalan ka Puncak Pato
Basimpang jalan di Balai Tangah
Hiduik nan indak mambaleh guno
Alamat ka sampik alam nan leba

Sentra Tenun nan di Tigo Jangko
Rumah susunnyo balantai tigo
Iduik sagan matilah susah pulo
Dek narkoba badan jadi binaso

Reff:
Di Taluak kini lah ado wisata
Talago angui yo di palak Koto
Oi dunsanak tolong cubo didanga
Badan sayangi usah maisok ganjo

Simpang Tugu Simpanglah Kulik Manih
Simpang Tigo iyolah di Sitangkai
Kok iyo sanak sayang ka nagari
Ubah laku tolong ubah parangai.***

0 Response to "Sekilas 'Talago Angui' dalam Lirik Lagu Zon Marollint"

Posting Komentar