Serba-serbi Turnamen Nagari Taluk CF Cup II, Terhidang dalam Tempo 4 Jam

Serba-serbi turnamen nagari taluk fc cup ii, tersaji dalam tempo 4 jam – Turnamen sepak bola Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020 baru sampai babak perempat final saat artikel serba serbi ini diterbitkan. Info setiap pertandingan  tersaji ke hadapan pengunjung lebih kurang dalam tempo 4 jam usai pertandingan.

informasi cepat,matra pendidikan,sepak bola,nagari taluk
Informasi turnamen sepak bola tersaji cepat (screenshoot:matrapendidikan.com)

Jika suatu partai pertandingan usai pukul 18.00 WIB maka sebelum pukul 22.00 WIB kami sudah menghidangkannya ke pengunjung melalui media online matrapendidikan.com ini.

Bagaimana proses awal sampai terhidangnya informasi tentang turnamen sepak bola Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020? Mungkin ada diantara pengunjung yang bertanya seperti itu.

Kesempatan ini akan dibeberkan secara lengkap kepada pengunjung yang budiman. 

Bukanlah seorang wartawan

Admin matrapendidikan.com bukanlah seorang wartawan melainkan seorang blogger yang gemar berpetualang kecil-kecilan mencari informasi untuk dimuat di blog Matra Pendidikan.

blogger,admin blog,bukan wartawan
Siap meliput jalannya pertandingan sepak bola di sisi gawang (foto: matrapendidikan.com)

Mungkin karena gaya admin yang mirip seorang wartawan sehingga rekan-rekan menganggapnya wartawan. Pakai tas pinggang yang didalamnya terdapat ponsel android, tongsis (tongkat eksis) buku kecil, pulpen.

Perangkat sederhana itu nyaris selalu dibawa kemana pergi. Bahkan tanpa disadari, terbawa juga ke dalam kelas ketika mengajar.

Menurut admin, seorang blogger bukanlah wartawan namun seorang wartawan bisa menjadi blogger. Blogger itu bersifat personal yang khusus mengelola blog dan biasanya menggunakan platform blogspot.

Memang, suatu ketika seorang blogger harus bekerja di lapangan mirip kerja seorang wartawan, termasuk meliput suatu turnamen. Contohnya turnamen sepak bola Nagari Taluk FC Cup II Tahun 2019-2020.

Mengumpulkan informasi

Blogger harus turun ke lapangan jika ingin mengumpulkan informasi, apalagi menyangkut pertandingan sepak bola. Dalam proses pengumpulan informasi, blogger perlu berkoordinasi dengan panitia pertandingan, bahkan koordinasi dengan komentator pertandingan dan wasit sekalipun.

kru liputan,koordinasi,panitia,komentator
Koordinasi dengan panitia dan komentator sebelum meliput pertandingan (foto: matrapendidikan.com)

Koordinasi dengan panitia turnamen bertujuan untuk memperoleh data seperti  wasit yang memimpin pertandingan, nama-nama pemain atau daftar susunan pemain (DSP) kedua kesebelasan yang akan bertanding.

Dalam DSP tertera susunan dan formasi pemain, termasuk pemain cadangan serta nama pelatih atau menejer kedua kesebelasan yang akan bertanding. Ini digunakan saat meliput jalannya pertandingan dan mengolah informasi di ruang redaksi.

Mendata proses pertandingan

Mendata jalannya pertandingan adalah kegiatan yang tidak mudah dilakukan sendiri oleh blogger. Apalagi bagi blogger yang tidak memiliki kamera perekam khusus dengan memori berkapasitas tinggi.


tendangan bebas,tak langsung,di depan area penalti
Hasil jepretan tendangan bebas di luar area penalti (foto: matrapendidikan.com)

Disinilah pentingnya buku catatan kecil, pulpen dan kamera android serta Tongsis.

Untuk melakukan pekerjaan ini admin matrapendidikan.com selalu duduk di dekat gawang. Jika terjadi pergantian posisi kedua kesebelasan, blogger tak perlu pindah posisi. Dengan cara ini blogger dapat mendata jalannya pertandingan untuk kedua kesebelasan.

Untuk kejadian yang jauh di gawang satu lagi? Nah, disini blogger mendapat informasi dari sang komentator pertandingan. Misalnya kejadian di mulut gawang. Sundul menyundul berebut bola, pelanggaran, terjadinya gol, penalti dan siapa pemainnya.

Itu semua diperoleh melalui komentator pertandingan melalui pengeras suara. Admin matrapendidikan.com mencatat kejadian tersebut di buku catatan kecil.

Jika ragu terhadap pemain yang mendapat kartu, kuning maupun merah dpat ditanya langsung kepada wasit usai pertandingan.

Seandainya ragu terhadap pemain mana yang telah mencetak gol admin tidak sungkan bertanya kepada pemain atau pelatih kedua kesebelasan usai pertandingan.

Mengolah informasi

Pekerjaan yang tidak mudah berikutnya dilakukan blogger dalah ‘memasak dan menghidangkan’ informasi melalui blog.

Di ruang redaksi, admin bekerja sendirian. Menganalisa semua data yang diperoleh baik catatan tertulis maupun tayangan video rekaman pertandingan.

Dari hasil analisa data tersebut kemudian ditulis draft artikel informasi. Jika sudah selesai draft, dipendam dulu beberapa menit. Sementara itu pekerjaan lain yang tak kalah penting adalah memindahkan gambar ataupun video ke file komputer.

Menyiapkan gambar-gambar untuk mendukung materi informasi turnamen membutuhkan waktu cukup banyak.

Jika gambar pendukung sudah dipilih dan ditetapkan maka selanjutnya memeriksa kembali draft artikel informasi turnamen. Memeriksa draft ini dilakukan dengan bantuan catatan serta memutar kembali video pertandingan yang berhasil direkam.

Menghidangkan informasi

Setelah melalui rangkaian pemeriksaan dan pengeditan, artikel informasi siap dipublikasikan di blog. Kemudian dishare melalui media sosial seperti facebook, twitter dan linkedin.

Begitulah proses awal sampai akhir sebuah artikel informasi tentang pertandingan sepak bola terhidang di media blog matrapendidikan.com yang membutuhkan waktu lebih kurang 4 jam.

0 Response to "Serba-serbi Turnamen Nagari Taluk CF Cup II, Terhidang dalam Tempo 4 Jam"

Posting Komentar