5 Tips Keren Menjadi Pelajar yang Baik dan Sukses

5 Tips keren menjadi pelajar yang baik dan sukses – Tidak sedikit siswa yang hanya sekadar menunaikan kewajiban untuk datang ke  sekolah. Pergi sekolah tak lebih sekadar datang, main-main dan kembali pulang ke rumah tanpa membawa hasil sebagai seorang pelajar.

tips,cara,menjadi pelajar,baik,sukses
Berkunjung ke perpustakaan (pexels.com)

Tentu saja banyak siswa yang datang ke sekolah tidak hanya melepas kewajiban bersekolah. Pergi ke sekolah benar-benar disertai dengan niat baik untuk memperoleh pengalaman belajar.

Pengalaman belajar diyakini bermanfaat besar kelak di kemudian untuk menempuh kehidupan yang lebih baik dan membahagiakan. Ini salah satu indikasi pelajar yang dikatakan baik dan sukses.
Bagaimana menjadi pelajar yang baik dan sukses di kemudian hari? Berikut disajikan tipsnya khusus untuk anda pelajar.

1.Mendirikan shalat

Seorang pelajar muslim yang baik akan mendirikan shalat 5 waktu sehari-semalam. Dengan shalat 5 waktu sehari semalam akan mencegah siswa dari sikap dan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Dengan mendirikan shalat akan membuka hati dan pikiran pelajar untuk selalu mengingat Allah SWT dan meminta pertolongan-Nya agar dituntun ke jalan yang benar dalam setiap sikap dan tingkah laku serta kegiatannya di sekoalh maupun di rumah.

Anda dapat memperkirakan bagaimana jadinya sikap, perilaku dan kegiatan pelajar di sekolah dan di rumah jika tidak mendirikan shalat.

So, mendirikan shalat 5 waktu sehari semalam merupakan landasan utama untuk menjadi seorang pelajar yang baik dan sukses di kemudian hari.

2.Hormat dan patuh pada orangtua

Pelajar yang mendirikan shalat 5 waktu sehari semalam akan dituntun oleh Allah SWT untuk menghormti orangtua dan guru di sekolah.

Orangtua telah melahirkan dan membesarkan pelajar sehingga wajib dihormati  dan dipatuhi segala perintah dan nasihatnya. Pada hakikatnya perintah dan nasihat orangtua tidak lain untuk kemaslahatan anaknya.

Segala aktivitas pelajar sehari-hari juga dipengaruhi oleh restu dari orangtua. Setiap orangtua pelajar akan mengamanatkan dan mengharapkan anaknya untuk datang dan belajar dengan baik di sekolah.

Pelajar yang baik akan memenuhi amanat dan harapan orangtuanya sebgai tanda hormat dan patuh pada orangtuanya.
Belajar dengan baik di sekolah sebagaimana amanat dan harapan orangtua berarti mengikuti aturan belajar dan disiplin sekolah.

3.Mengikuti aturan dan disiplin sekolah

Pelajar yang baik dan bakal sukses kelak di kemudian hari salah satunya juga ditentukan oleh kepatuhan pelajar untukmengikuti aturan belajar dan disiplin sekolah. Aturan belajar maupun disiplin sekolah mengandung unsur hormat dan patuh pada guru.

Bagaimana mungkin seorang pelajar akan sukses jika tidak mengikuti aturan belajar, menaati disiplin sekolah dan hormat kepada guru yang memberikan ilmu?

Tentu saja bohong, kalau ada orang yang sukses, mengaku sering melanggar aturan dan disiplin, tidak menghormati dan menghargai guru semasa sekolah.

4.Menguasai cara belajar yang baik

Pelajar yang baik dan sukses juga harus menguasai bagaimana cara belajar yang baik di sekolah maupun di rumah.Di sekolah ada aturan dan disiplin belajar. Pelajar harus paham bagaimana cara mengikuti setiap mata pelajaran di sekolah.

Misalnya cara mengikuti pelajaran di ruang kelas. Dengarkan baik-baik penjelasan guru dan materi yang penting dicatat. Tanyakan pada guru bila ada bagian materi yang tidak dimengerti atau kurang dipahami.

Begitu pula sampai di rumah. Kuasai bagaimana cara belajar yang baik di rumah. Misalnya belajar berkelompok dan bediskusi dengan teman terdekat rumahnya.

5.Memamfaatkan dan mengatur waktu

Hal tak kalah penting dilakukan pelajar adalah mengatur waktu dan memanfaatkan waktu tersedia dengan baik. Atur waktu belajar, bermain dan membantu orangtua. Begitu pula di sekolah, pergunakan waktu istirahat dengan baik

Kalau ada waktu lowong karena guru berhalangan hadir jangan dimanfaatkan untuk memperbesar jatah waktu bermain. Sebaliknya memafaatkan waktu itu untuk berdiskusi tentang pelajaran yang gurunya berhalangan hadir.

Atau boleh juga berkunjung ke pustaka sekolah untuk membaca buku pelajaran atau buku-buku referensi dan hiburan.

Nah, kalau ingin menjadi pelajar yang baik dan sukses tentulah akan berusaha dan mencoba seperti yang dibahas dalam 5 tips menjadi pelajar yang baik dan sukses di atas.

0 Response to "5 Tips Keren Menjadi Pelajar yang Baik dan Sukses"

Posting Komentar