7 Tahun Perjalanan Blog Matra Pendidikan, Sederhana Itu Tidak Merepotkan

7 tahun perjalanan blog matra pendidikan, sederhana itu tidak merepotkan – Hari ini, Selasa 18 Februari 2020, blog Matra Pendidikan genap berusia 7 tahun. Usia yang tidak muda lagi untuk ukuran sebuah blog. Menjadi salah satu blog yang terbilang lama meramaikan khazanah blogging di Indonesia.

matra pendidikan,7 tahun,perjalanan blog,blog pendidikan
Tujuh tahun perjalanan blog Matra Pendidikan (matrpendidiakn.com)

Tujuh tahun lalu, tepatnya 18 Februari 2013, blog ini dibuat dengan mengusung tema pendidikan. Menggunakan domain gratis blogspot dengan nama Uda Go Blog. Menyajikan tips, cara dan informasi berkaitan dengan pendidikan di lembaga sekolah dan lingkungan keluarga.

Setahun kemudian (2014) performa blog personal ini ditingkatkan dengan mengubah domain gratis menjadi domain berbayar (premium). Nama 'Uda Go Blog' pun diubah menjadi Matra Pendidikan dengan domain matrapendidikan.com.

Tentu saja biaya operasional pengelolaan blog menjadi bertambah. Selain harus membeli paket data internet dan pengeluaran akomodasi dalam mengelola blog juga membayar sewa domain.

Langkah yang ditempuh untuk mengatasi biaya operasional pengelolaan adalah memonetisasi blog Matra Pendidikan di tahun yang sama. Bekerja sama dengan google adsense sebagai publisher (penayang iklan).

Mendaftar menjadi publisher adsense waktu itu tidak sesulit sekarang. Selain di blog juga dapat melalui youtube dengan mengupload beberapa video dan memonetisasi video tersebut. Tidak butuh persyaratan yang banyak dan waktu lama.

Hasil menjadi publisher adsense diperoleh setahun kemudian (2015). Selanjutnya Rentang waktu payout (ambang batas) penerimaan pembayaran pun semakin cepat. Hal ini telah memacu semangat untuk terus mengelola blog Matra Pendidikan.

Di sisi lain, tampilan blog ini masih sangat sederhana. Menggunakan template premium dari mas Sugeng dengan latar dominan warna merah tanpa banyak embel-embel.

Hal ini karena pengguna internet pada umumnya sudah menggunakan mobile selluler sehingga tidak membuat tampilannya terlalu ramai di perangkat pengguna tersebut. 

Begitu pula sajian isi yang memaparkan hal-hal sederhana di lingkup yang masih terbatas. Lebih banyak mengetengahkan tentang pendidikan di rumah tangga dan pendidikan di tempat tugas pengelola blog ini.

Sederhana itu tidak merepotkan. Prinsip ini diterapkan dalam tampilan dan penyajian blog Matra Pendidikan. Dan ternyata, selain tidak merepotkan juga nyaman dan menyenangkan. Materi postingan lebih dikuasai dan tidak repot-repot mencari bahan postingan. Bahkan, semut yang sedang menggontong makanan pun, dapat dijadikan sebagai bahan postingan di blog ini.

Disinilah perlunya kepekaan seorang pengelola blog dalam mencari bahan-bahan untuk diposting. Peka dalam mengamati dan mencermati fenomena alam dan sosial yang ada di lingkungan sekitar.

Persoalan mutu atau kualitas, bermanfaat atau tidak isi blog, tentu saja diserahkan sepenuhnya pada pengunjung. Namun yang pasti, kehadiran blog Matra Pendidikan telah menambah koleksi bahan bacaan pengunjung selama 7 tahun.

Terima kasih kepada semua pengunjung yang telah meramaikan blog sederhana ini.***.

2 Responses to "7 Tahun Perjalanan Blog Matra Pendidikan, Sederhana Itu Tidak Merepotkan"

  1. Nama awal dan domain berbayarnya jauh beda ya. Kalau saya tetap sama.
    Selamat ya semoga semakin bersemangat untuk menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Uda GoBlog menjadi matrapendidikan. Terima kasih, mas...

      Hapus