Lakukan 5 Tindakan Ini Agar Komputer Awet dan Bertahan Lama

Lakukan 5 tindakan ini agar komputer awet dan bertahan lama – Anda memiliki perangkat komputer di rumah atau di kantor? Tentu saja anda tidak mesti sekaligus menjadi teknisi atau montir agar perangkat multiguna menjadi awet, tahan lama dan berumur panjang. Akan tetapi anda perlu merawatnya dengan baik.

komputer awet, tindakan penting,agar komputer
Perangkat komputer (pexels.com)

Untuk itu anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat komputer agar awet, dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga menghemat pengeluaran.Simak pembahasan ini sampai tuntas.

1.Mengatur sirkulasi udara

Seperangkat komputer terdiri dari 3 bagian utama, yaitu monitor, CPU (Control Process Unt) dan VPS (Uninteruptible Power Suply). Layar monitor ditaruh lebih tinggi dari CPU dan VPS. Biasanya ditaruh di atas meja khusus atau meja kerja anda. Sedangkan CPU biasanya diletakkan lebih rendah.

Nah, CPU sebaiknya ditaruh tidak terlalu menempel ke dinding tembok. Minimal berikan jarak antara 40 sampai 50 Cm antara body CPU dengan dinding tembok. Hal ini bertujuan untuk melewatkan udara sehingga terjadi sirkulasi udara pada ruang tersebut.

2.Membersihkan CPU secara berkala

Mengingat CPU diletakkan dekat lantai atau dinding tembok, besar kemungkinannya bagian ini cepat berdebu. Langkah bijak yang anda lakukan adalah membersihkan CPU secara berkala, paling tidak sekali dalam 3 bulan.

Membersihkan CPU secara berkala bertujuan untuk menghindari gangguan pada perangkat komputer. CPU yang sudah berdebu dan menumpuk menjadi kotoran debu berdampak terhadap regulator fan sehingga suhu CPU cepat panas. Hal ini juga dapat membuat komputer sering mengalami hang atau lag.

3.Mematikan komputer sesuai prosedur

Kadang-kadang karena tergesa-gesa sering mematikan (turn off) komputer degan jalan pintas. Misalnya mencabut plug in CPU dari stop kontak, mematikan UPS. Tindakan ini tidak sesuai untuk mematikan komputer yang sedang menyala.

Jika tindakan seperti itu sering terjadi akan membahayakan sistem pada CPU dan harddisk komputer sehingga komputer tidak akan bertahan lama.

Agar komputer awet ikutilah prosedur mematikan komputer dengan cara kilik kiri ikon Start kemudian klik tombol Turn Off.

4.Mengaktifkan system restore

Cara yang tak kalah penting dalam merawat komputer agar awet adalah mengaktifkan system restore komputer. Jika belum aktif silahkan diaktifkan dengan cara klik kanan ikon dekstop, klik properties kemudian tab restore pilih tulisan “Turn off system restore on all drives”. Hilangkan tanda centang pada tulisan tersebut.

5.Buang aplikasi yang jarang dipakai

Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya, aplikasi yang terlalu banyak bekerja di komputer akan menyebabkan kinerja harddisk menurun. Hal ini karena banyak ruang memori yang terpakai oleh aplikasi sehingga memperberat kinerja harddisk yang berujung pada komputer sering mengalami hang.

Oleh sebab itu segeralah untuk membuang aplikasi yang tidak pernah atau jarang terpakai pada komputer.
Dengan melakukan 5 tindakan sederhana tersebut diharapkan komputer menjadi awet dan bertahan lama.***

0 Response to "Lakukan 5 Tindakan Ini Agar Komputer Awet dan Bertahan Lama"

Posting Komentar