Bumbu Masak yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Penyedap Masakan

Bumbu masak yang sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan – Bagaimana rasa suatu masakan jika tidak diberi bumbu? Tentu saja, masakan apapun yang dihidangkan akan terasa hambar dan membuat orang malas untuk menyantapnya. Begitu besar peranan bumbu masak atau bumbu dapur terhadap citrasa masakan.

cabai merah,bumbu masak,bumbu dapur,penyedap masakan
Salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan dalam membuat masakan (pexels.com)

Bumbu masak akan menjadikan masakan menjadi lebih enak dan lezat. Bumbu masak seperti rempah-rempah merupakan bahan penyedap alami yang menciptakan masakan dengan citarasa tertentu.

Masakan Indonesia menjadi spesifik karena kaya akan bumbu masak alami dari rempah-rempah dan tanaman lainnya. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa jenis bumbu masak yang sering digunakan dalam mengolah dan menyajikan masakan.

1.Cabai

Sebagian orang merasakan belum makan jika menyantap masakan tanpa diberi bumbu masak cabai karena berselera pedas dalam hal makan. 

Cabai merah keriting maupun cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang menyebabkan cabai memiliki rasa pedas. Sebagai bumbu dapur, cabai merah keriting lazim diugunakan yang sudah masak ditandai dengan warna merah.

Namun sering juga digunakan cabai keriting ini yang masih muda, misalnya untuk membuat sambalado hijau. 

Cabai merah keriting untuk bahan penyedap dengan dihaluskan menggunakan blender atau mesin penggiling cabai. Ada juga yang mengguakan alat dapur tradisional batu lado.

Cabai rawit digunakan sebagai tambahan bumbu cabai merah keriting karena rasanya lebih menyengat.


2.Bawang

Bawang yang digunakan sebagai bumbu masak di dapur adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini selalu menyertai setiap masakan agar terasa lezat dan harum.

Bawang merah akan menjadikan masakan menjadi gurih sedangkan bawang putih akan menghasilkan masakan degan citarasa gurrih dan harum.

Cabai dan bawang sudah cukup untuk membuat masakan yang menggunakan minyak goreng. Sedangkan untuk masakan berkuah dilengkapi dengan bumbu lain.


3.Kelapa

Kelapa yang sudah matang digunakan sebagai bahan dan bumbu masak dapur masakan berkuah. Daging kelapa yang sudah matang diparut akan diambil santannya dan akan menghasilkan masakan dengan aroma dan rasa yang enak.

Santan kelapa digunakan untuk mebuat masakan berkuah seperti gulai dan kalio.


4.Daun serai, salam dan dun jeruk purut

Bumbu masak lain yang sering digunakan untuk bahan penyedap masakan adalah beberapa daun tanaman seperti daun serai (sereh), daun salam dan daun jeruk purut.

Tanaman serai merupakan tanaman rumput-rumputan sehingga mudah tumbuh. Daun serai akan menghasilkan masakan dengan cita rasa lezat dan harum. Daun salam juga berfungsi untuk mengharumkan masakan.

Daun jeruk purut, selain mengharumkan masakan juga menambah lezatnya masakan.

5.Jahe, lengkuas dan kunyit

Jahe (laos), lengkuas dan kunyit umumnya digunakan secara bersamaan setelah dihaluskan untuk masakan berkuah atau tumis. Jahe memiliki rasa agak pedas. Lengkuas merupakan bumbu masak umbi-umbian.

Kunyit berwarna kuning sehingga berfungsi sebagai bahan pewarna alami dan dapat menghilangkan bau amis pada masakan.

6.Kemiri

Kemiri merupakan bumbu masak yang mengandung minyak sehingga menghasilkan masakan yang lebih berminyak dan harum.

7.Jeruk nipis

Berfungsi untuk mengharumkan dan menyegarkan masakan serta menghilangkan bau amis pada masakan.
Demikianlah beberapa bumbu masak dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan.

0 Response to "Bumbu Masak yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Penyedap Masakan"

Posting Komentar