Harddisk Tidak Terbaca di Komputer, Ini Solusinya

Harddisk tidak terbaca di komputer, ini solusinya – Ketika menyalakan komputer ternyata di layar muncul notifikasi seperti ini, a disk read error occurred. Berarti telah terjadi permasalahan pada harddisk komputer. Sudah pasti komputer tidak dapat dioperasikan.

harddisk error,harddisk komputer,tidak terbaca
Harddisk komputer tidak terbaca (foto: matrapendidikan.com)

Tapi jangan panik dulu, atau tergesa-gesa membawa komputer ke service komputer atau mendatangkan teknisi. Permasalahan ini sangat mungkin terjadi pada perangkat komputer yang sudah berusia tua atau sudah lama digunakan. Namun bukan mustahil hal serupa terjadi pada komputer yang masih baru.

Notifikasi a disk reard error occurred memberitahukan bahwa komputer tidak dapat melakukan read writer sebagaimana mestinya akibat harddisk tidak terbaca oleh komputer.

Lantas, apa yang perlu dilakukan?

1.Sediakan alat seperti obeng dan kuas halus

2.Buka cassing komputer

3.Jika ada bagian mainboard dan harddisk berdebu, bersihkan terlebih dulu dengan menggunakan kuas halus
4.Lepaskan harddisk menggunakan obeng kemudian lepaskan semua soket kabel sambungan

5.Periksa kondisi soket sambungan dengan hati-hati apalagi ketika memeriksa konektor dua soket yang tersambung ke mainboard. Jika ada yang rusak memang perlu diganti dengan yang baru.

6.Jika dirasa sudah beres silahkan pasang kembali soket sambungan dan harddisk

7.Nyalakan komputer kembali. Biasanya komputer akan beropersi kembali jika tidak ada bagian harddisk atau soket sambungan yang rusak.

8.Jika tindakan di atas tidak berhasil mungkin perlu menginstal ulang komputer atau membawa ke service komputer serta mengganti komponen yang rusak.
Lihat juga : Metode Trial and error dalam Mengatasi Masalah Komputer
Demikian solusi pertama masalah harddisk tidak terbaca komputer.

0 Response to "Harddisk Tidak Terbaca di Komputer, Ini Solusinya"

Posting Komentar