Hukum I Newton Tentang Sifat Kelembaman Benda

Hukum I newton tentang kelembaman benda – Materi pelajaran Hukum I Newton sepertinya sangat sederhana dan mudah dihafal oleh siswa. Agar hafalan siswa lebih bermakna dan melekat erat di pikiran siswa, materi pelajaran yang juga dikenal dengan azas Kelembaman ini perlu disampaikan dengan contoh-contoh penerapannya di lingkungan kehidupan siswa sehari-hari.

hukum i newton,azas kelembaman,penerapannya
Ilustrasi percobaan sederhana  Hukum I Newton (foto: matrapendidikan.com)

Sesungguhnya banyak contoh fenomena di lingkungan siswa berkaitan dengan hukum kelembaman ini. Dalam aksi sederhana dapat dicobakan seperti pada gambar ilustrasi di atas, gelas berisi kopi ditaruh di atas buku dan ditarik perlahan.

Ternyata gelas kopi mengikuti gerakan buku dan mempertahankan kedudukannya. Namun ketika buku ditarik cepat secara mendadak, ternyata gelas kopi tidak ikut tertarik karena cenderung bertahan di posisinya.

Percobaan sederhana tersebut sesuai dengan Hukum I Newton, biasa ditulis ∑F = 0. Formuula ini dapat dibaca:

Sebuah benda akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan (kecepatan benda tetap) jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda itu. 

Artinya, sebuah benda akan tetap diam jika tidak ada gaya yang bekerja langsung pada benda itu. Namun sebuah benda akan tetap bergerak lurus beraturan (kecepatan benda tetap) jika gaya atau resultan gaya juga nol.

Dapat disimpulkan bahwa suatu benda akan selalu berusaha untuk mempertahankan keadaan awal jika benda tidak dikenai gaya atau resultan gaya atau ∑F = 0. Oleh sebab itu benda memiliki sifat kelembaman (mempertahankan posisi awal).

Berdasar azas kelembaman di atas dapat dipahami mengapa orang bertubuh gemuk cenderung duduk terus jika memang sedang duduk. Sebaliknya malas untuk duduk jika sedang bediri.

Penumpang kendaraan akan terdorong ke arah belakang ketika kendaraan mau berangkat. Sebaliknya akan terdorong ke depan saat kendaraan hendak berhenti.

Fenomena tersebut di atas merupakan contoh-contoh penerapan hukum kelembaman atau Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Hukum I Newton:

0 Response to "Hukum I Newton Tentang Sifat Kelembaman Benda"

Posting Komentar