KBS Sebagai Ajang Bentuk Karakter Peduli Sosial dan Alam Sekitar pada Siswa

Kbs sebagai ajang bentuk karakter peduli sosial dan alam sekitar pada siswa – Sebanyak 221 siswa didampingi 29 guru SMPN 5 Batusangkar telah selesai mengadakan kegiatan Kemah Bhakti Siswa (KBS) di Lapangan Sepak Bola Jorong Bukit Tamasu Nagari Balimbing, Kec. Rambatan Kab. Tanah Datar, Sumbar, Rabu sd Jumat (26 sd 28 Februari 2020).

kbs,kemah bhakti,smpn5 batusangkar,balimbing
Guru dan siswa SMPN 5 Batusangkar (foto: doc.humaspemda td/matrapendidikan.com)

Kegiatan tahunan SMPN 5 Batusangkar ini, seperti dikemukakan ketua Pelaksana Meshendrizal, S.Pd. bertujuan untuk menanamkan karakter mandiri, bertanggung jawab, menghargai lingkungan serta sosialisasi dengan masyarakat sekitar.

“Selain itu juga memberikan pengalaman nyata kepada siswa serta memeriahkan peringatan HUT ke- 16 SMPN 5 Batusangkar,” ujar guru yang akrab disapa Pak mes ini.

Banyak jenis kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama 3 hari KBS di Balimbing tersebut antara lain shalat berjamaah, tabligh, outbond, menjelajah, cerdas cermat, pentas seni, pelantikan pengurus Osis masa bhakti 2019/2020 serta kegiatan pengabdian dan penyerahan bantun sosial kepada masyarakat.

Berkaiatan dengan kegiatan kemasyarakatan, siswa juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitarnya berupa paket sembako dan pendidikan serta bola kaki kepada masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai beban biaya pendidikan anak.

Drs. Jalinus, Kepala SMPN 5 Batusangkar mengatakan bahwa KBS sesuai dengan Visi, Misi dan Program sekolah dimana salah satunya adalah mendidik siswa mandiri dan berakhlak mulia, mengembangkan daya kreasi bidang seni budaya serta mengembangkan kepedulian terhadap sesama dan alam sekitarnya.

Oleh sebab itu, kepala sekolah layanan keunggulan ini juga berterima kasih pada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan KBS.

“Kami berterima kasih banyak kepada komite sekolah, orangtua murid, majelis guru, wali nagari serta masyarakat Jorong Bukit Tamasu sehingga berbagai kegiatan telah sukses dilaknakan,” tutur Drs. Jalinus.

0 Response to "KBS Sebagai Ajang Bentuk Karakter Peduli Sosial dan Alam Sekitar pada Siswa"

Posting Komentar